Tangani Covid-19, Australia Pinjami Indonesia AUD1,5 Miliar

5
(201)

ilustrasi

Jakarta : Pemerintah Indonesia mendapat gelontoran dana pinjaman dari pemerintah Australia senilai AUD1,5 miliar. Pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembiayaan anggaran tahun 2020, yang fokus pada pengendalian Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan masa pembayaran pinjaman tersebut selama 15 tahun. Melalui pinjaman diharapkan bisa mendukung program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES), yang dikoordinasikan oleh Asian Development Bank (ADB). Dijelaskan bahwa covid-19 memberikan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada wilayah Indo-Pasifik dan dunia khususnya bagi Indonesia.

Dukungan pemerintah Australia tersebut menjadi bukti bahwa hubungan bilateral terjalin semakin kuat meski sama-sama mengalami tekanan akibat pandemi. Pinjaman ini juga mencerminkan semangat dari kedua negara untuk secara bersama-sama menangani tantangan pandemi Covid-19 yang luar biasa, baik dalam melindungi masyarakat maupun membantu dunia usaha.

“Kemitraan ini tidak hanya menunjukkan kuatnya hubungan antara Australia dan Indonesia, tetapi juga pemahaman sebagai negara tetangga, bahwa kita mempunyai tujuan yang sama untuk pemulihan dan penguatan ekonomi, dan bahwa kita tidak bisa pulih sendirian di tengah pandemi Covid-19,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Kamis (12/11).

Sementara itu Menteri Keuangan Australia, Frydenberg meyakini pemerintah Indonesia dapat menangani pandemi Covid-19 dengan baik serta melakukan pemulihan ekonomi yang cepat dan kuat. Hal itu didasarkan pada komitmen pemerintahan Indonesia yang menerapkan dan melakukan manajemen fiskal yang hati-hati.

“Indonesia dan Australia menghadapi pandemi Covid-19 ini sebagai mitra. Sebagai mitra, kami akan pulih bersama. Kami percaya bahwa pemulihan yang cepat dan kuat akan dapat dilakukan oleh Indonesia. Pemulihan ekonomi ini tidak hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga penting bagi Australia dan kawasan,” jelasnya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 201

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polri Tidak Tahu, Jumhur Hidayat Positif Covid-19

Fri Nov 13 , 2020
5 (201) Jakarta: Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengklaim, tidak mengetahui kabar Anggota Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jumhur Hidayat positif Covid-19 atau virus corona saat mendekam di dalam tahanan. “Kami malah baru dengar dari rekan-rekan yang kasus tersangka kasus kericuhan Omnibus Law […]