Tak Kunjung Dapat Pembayaran Ratusan Warga Blokir Tol Cimanggis Cibitung

0
(0)

HarianNasional.com – Ratusan warga menggelar aksi blokir di gerbang tol Jatikarya, Jalan Transyogi Cibubur, Kota Bekasi. Mereka kesal, lantaran tak kunjung mendapatkan kompensasi atas tanah milik warga yang terkena proyek jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 tersebut.

Warga sebagai ahli waris Candu bin Gondo menuntut agar pemerintah dan pihak kontraktor, PT Waskita segera membayarkan ganti rugi lahan mereka seluas 4,2 hektar. Jumlah ganti rugi yang belum dibayar sebesar Rp 218 miliar.

“Sudah bertahun-tahun, nasib kami dibuat tidak jelas,” kata Antay bin Yaman, di lokasi, Jum’at (7/8/2020).

Warga juga menuding, bahwa Pengadilan Negeri (PN) Bekasi telah mendepositokan uang ganti rugi milik warga untuk mengambil keuntungan bunga. Padahal, kata dia, proses sengketa ini telah selesai dan dimenangkan oleh warga.

“Upaya hukum sudah kita lakuka. Warga audah menang PK, bahkan menang di atas PK. Tapi belum di bayar sepeser pun, di mana keadilannya,” jelasnya.

Warga sangat menyayangkan karena pihak-pihak yang selama ini terlibat dalam penuntasan pembebasan lahan tol Cimanggis-Cibitung sangat lambat dalam menjalankan tugasnya. Buktinya, lebih dari 3 tahun lalu lamannya, hingga saat ini tidak ada kejelasan.

Warga telah beberapa kali meminta kejelasan, khususnya kepada PN Bekasi. Bahkan warga juga telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, untuk membuka mediasi kepada pihak terkait.

“Kabarnya uang itu udah dititipkan ke PN Bekasi. Tapi selalu tarik ulur. Mereka mungkin mau ambil untung dari depositonya. Hukum sepertinya tidak berlaku kepada orang kecil,” ucapnya.

Untuk diketahui, tol Cimanggis-Cibitung

Seksi 1A siap beroperasi dan dilintasi pengguna jalan tol pada pada akhir tahun 2020. Saat ini, perkembangan fisik konstruksi jalan tol tersebut sudah mencapai 98 persen atau tahap akhir. (risk/dvd)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Klaim Tren Pasien Covid-19 Turun, Wali Kota Serang Bolehkan Lomba 17 Agutus dengan Syarat

Sat Aug 8 , 2020
Post Views: 0 0 (0) Banten – Wali Kota Serang Syafrudin. Foto: Antara Indonesiainside.id, Serang – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten, memperbolehkan pelaksanaan berbagai lomba dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. Akan tetapi, kegiatan tersebut wajib disertai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. “Untuk memperingati HUT Ke-75 RI, masyarakat […]