Friday, June 18

Taiwan Akan Terima 750.000 Vaksin COVID AS

Taipei: Amerika Serikat akan menyumbangkan 750.000 dosis vaksin COVID-19 ke Taiwan sebagai bagian dari rencana negara itu untuk berbagi suntikan secara global, menurut penjelasan Senator AS Tammy Duckworth pada hari Minggu (6/6/2021), memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk perang pulau itu melawan pandemi.

Taiwan sedang menghadapi lonjakan kasus domestik tetapi, seperti banyak tempat lainnya, telah terpengaruh oleh kekurangan vaksin global. Hanya sekitar 3% dari 23,5 juta orang yang telah divaksinasi, dengan sebagian besar hanya mendapatkan suntikan pertama dari dua yang dibutuhkan.

Berbicara di bandara Songshan di pusat kota Taipei setelah tiba dalam kunjungan singkat dengan Senator Dan Sullivan dan Christopher Coons, Duckworth mengatakan Taiwan akan mendapatkan 750.000 dosis sebagai bagian dari sumbangan AS tahap pertama.

“Sangat penting bagi Amerika Serikat bahwa Taiwan dimasukkan dalam kelompok pertama yang menerima vaksin karena kami menyadari kebutuhan mendesak Anda dan kami menghargai kemitraan ini,” katanya pada konferensi pers. Dia tidak memberikan rincian vaksin mana yang akan didapat Taiwan atau kapan, seperti dikutip dari Reuters, Minggu.

Para senator, yang tiba dengan kapal barang Angkatan Udara AS, juga akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen untuk membahas masalah keamanan dan lainnya.

Taiwan telah mengeluhkan tentang Cina, yang mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai miliknya, mencoba memblokir pulau itu dari mengakses vaksin secara internasional, yang telah dibantah oleh Beijing.

Jepang mengirimkan 1,24 juta dosis vaksin virus corona AstraZeneca ke Taiwan pada hari Jumat secara gratis, menjadi isyarat bahwa jumlah suntikan yang diterima pulau itu lebih dari dua kali lipat hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *