by

Tahun Buku 2021, SAP Express Mencatat Kinerja yang Memuaskan

Jakarta — PT Satria Antaran Prima Tbk (Perseroan) atau lebih dikenal sebagai SAP Express, merupakan perusahaan kurir atau jasa pengiriman dengan kode saham SAPX. Pada tahun buku 2021 yang berakhir pada 31 Desember 2021 Perseroan mencatat kinerja yang cukup memuaskan dengan membukukan Pendapatan sebesar Rp589.409.749.578,- (lima ratus delapan puluh sembilan miliar empat ratus sembilan juta tujuh ratus empat puluh sembilan ribu lima ratus tujuh puluh delapan Rupiah) tumbuh sebesar 30,51% dari tahun buku sebelumnya.

Selain itu Perseroan membukukan Laba Bersih sebesar Rp44.927.713.354,- (empat pulu empat miliar sembilan ratus dua puluh tujuh juta tujuh ratus tiga belas ribu tiga ratus lima puluh empat Rupiah) tumbuh sebesar 44,17% dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022, Perseroan memiliki optimisme tinggi terhadap prospek usaha nya. Secara garis besar, tahun 2022 diperkirakan akan menjadi momentum bagi pemulihan sosial ekonomi dan upaya peningkatan fundamental ekonomi melalui reformasi kebijakan fiskal maupun moneter.

Terdapat asumsi perbaikan pada kondisi makroekonomi domestik maupun global menyusul upaya pemerintah di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia, untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, antara Iain dengan memberikan stimulus moneter dan fiskal dan pelonggaran mobilitas orang dan barang. Sementara itu, struktur pertumbuhan ekonomi nasional yang bertumpu pada konsumsi domestik menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang lebih rendah terkena ancaman resesi global. Dengan demikian, pemulihan pertumbuhan untuk kembali pada level praCovid akan lebih cepat.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan, selain tetap fokus pada core usaha di bidang B to B, Perseroan juga telah mengembangkan lini usaha B-to-C dan C-to-C seiring dengan tumbuh pesat nya usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) dengan melakukan beberapa terobosan dengan memanfaatkan transformasi digital sebagai salah satu strategi untuk memacu perturnbuhan seiring maraknya penggunaan teknologi digital, terutama smartphone, dan penetrasi internet yang tinggi semasa pandemi khususnya.

Selain itu Perseroan juga mengoptimalkan program kernitraan dengan para mitra bisnisnya sebagai langkah memperluas jangkauan pasar Perseroan. Fokus untuk memperkuat bisnis kemitraan tersebut sangat penting mengingat prospek bisnis ini yang cukup menjanjikan dan efektif dikarenakan Perseroan dapat lebih efisien dalam Sisi permodalan. Dengan dukungan para mitra ini, Perseroan dapat memiliki alternatif pendapatan selain dari segmen korporasi. Hingga saat ini, Perseroan telah memiliki lebih dari 9.000 mitra bisnis ritel.

Selain aktif itu Perseroan juga telah cukup lama aktif mensupport bisnis eCommerce. Perseroan juga memiliki hampir seluruh portfolio klien seperti Perbankan dan Asuransi, Manufacture, Health and Medical Equipment, Heavy Equipment, Telekomunikasi dan Korporasi lain pada umumnya.

Perseroan menawarkan jasa pengiriman dalam dan luar kota, kargo, jasa distribusi, mailing room, Fulfilment, pengiriman melalui transportasi darat, taut & udara, cash on delivery, dan dedicated courier.

Layanan cash on delivery dan dedicated courier menjadi salah satu kekuatan utama Perseroan dalam peta persaingan antar sesama perusahaan jasa pengiriman Iain.

Express Courier Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman dengan pertumbuhan tercepat di Tanah Air, Perseroan sejak berdiri pada tahun 2014, telah membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 5000 orang karyawan, dimana lebih dari setengahnya merupakan tenaga kurir yang ditempatkan di hampir seluruh kecamatan di Indonesia dengan didukung oleh jaringan cabang dari Sabang sampai Merauke.

Dengan tagline “Sahabat Pengiriman” Perseroan menargetkan untuk menjadi sahabat bagi kebutuhan pengiriman di seluruh Indonesia.(sap)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.