by

Sumber Air Manis Gunung Ciremai Tak Layak Konsumsi

Majalengka: Warga masyarakat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat heboh. Menyusul ditemukannya sumber air hangat yang memiliki rasa manis di bawah Kaki Gunung Ciremai.

Fenomena alam berupa air hangat itu ada di Sungai Cingenge, Blok Rebo, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Tidak seperti sumber air hangat lainnya, yang satu ini memiliki rasa manis seperti air soda.

Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka (Dinkes Majalengka) telah melakukan pemeriksaan uji laboratorium terhadap kandungan air tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Agus Susanto menjelaskan, hasil pemeriksaan laboratorium sudah bisa terbaca.

Yakni, air tersebut tidak memenuhi standar layak. “Berdasarkan hasil uji laboratorium ternyata kandungan airnya banyak mengandung zat mangan, sehingga berbahaya untuk tubuh,” kata Agus, Sabtu (14/1/2023).

Menurut Agus Susanto, dari hasil pemeriksaan uji laboratorium tersebut, pihaknya juga sudah menyampaikan nota dinas kepada Bupati Majalengka. Terkait kandungan air yang ditemukan warga Desa Payung tersebut.

“Kandungan air itu sangat berbahaya, karena kadar mangannya sangat tinggi. Dan kami juga sudah memberikan surat agar masyarakat tidak mengkonsumsi air tersebut apa pun alasannya,” ujar Agus.

Menurut Agus Susanto, jika ada masyarakat yang menyampaikan bahwa air tersebut bisa menyembuhkan penyakit, itu tidak logis. Lantaran dari hasil pemeriksaan air tersebut ada zat-zat tertentu yang notabene sangat membahayakan.

“Oleh karena itu, kami mengimbau agar masyarakat lebih baik tidak mengkonsumsi air yang rasa manis seperti soda tersebut. Intinya, hasil pemeriksaan sementara, air itu tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *