Suburkan Demokrasi, Jokowi Tegaskan Perbedaan Negara ASEAN

Jakarta – sambutan Presiden Jokowi Widodo Di depan negara-negara ASEAN tetap bersatu, perbedaannya dapat suburkan demokrasi.

Presiden RI membuka langsung acara KTT Ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam sambutannya Presiden menegaskan negara-negara ASEAN tetap bersatu, perbedaannya dapat suburkan demokrasi.

“Saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik,” ujar Presiden Jokowi. Menurutnya, kesetaraan antaranegara ASEAN yang telah tercipta selama ini terbilang merupakan barang langka di dunia.

“Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan kita junjung bersama. Dalam bingkai persatuan dan kebersamaan sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju,” ucapnya.

Namun tegas Jokowi, ASEAN sepakat untuk tidak menjadi proxy bagi kekuatan manapun. ASEAN akan bekerja sama dengan siapa pun demi perdamaian dan kemakmuran.

“Jangan jadikan kapal kami sagai arean rivalitas yang saling megnhancurkan tapi jadikan kapal ASEAN sebagai ladang kerja sama untuk menciptakan kemakmuran stabilitas perdamaian. Yang tidak hanya bagi kawasan tapi juga bagi dunia,” ucapnya.

KTT ASEAN Summit 2023 di Jakarta akan berlangsung tiga hari. Mulai Senin hingga Jumat, 5-7 September 2023.

Tema kegiatan KTT Ke-43 ASEAN adalah ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’. Tema ini akan menjadi pembahasan utama dan menghasilkan sejumlah pembahasan spesifik.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *