Wednesday, June 23

Subsidi Kuota Internet Pendidikan Diperpanjang

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan kembali bantuan subsidi kuota internet bagi tenaga pendidik serta peserta didik selama tiga bulan kedepan yakni periode Maret hingga Mei 2021.

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan ya. Mulai dari bulan ini yaitu bulan Maret 2021,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3/2021).

Nadiem menjelaskan dalam pemberian bantuan subsidi kuota data internet pada tahun 2021 ini, tidak lagi dibagi menjadi kuota belajar dan kuota umum. Oleh karena itulah, besaran kuotanya pun dipangkas.

“Jadi di tahun 2021 kita akan memberikan kuota, tapi dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi,” jelasnya.

Namun, lanjut Nadiem, tidak semua laman atau aplikasi dapat diakses oleh pendidik dan juga peserta didik. Beberapa laman atau aplikasi populer pun tak bisa diakses melalui subsidi kuota ini, seperti Instagram, Facebook hingga TikTok.

“Meski kuota umum ini bisa digunakan untuk ada laman atau aplikasi, kecuali laman dan aplikasi yang telah diblokir yakni aplikasi yang kebanyakan game, sosial media, tiktok serta facebook. Kita kecualikan adalah yang khusus untuk entertainment, yang khusus untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pendidikan yang kita kecualikan, dan untuk yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud, https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/,” paparnya.

Meski demikian, Nadiem menekankan bahwa Youtube sendiri juga masuk ke dalam aplikasi yang diperbolehkan untuk diakses lantaran banyaknya materi pembelajaran yang dipergunakan dari laman tersebut.

“Di luar Facebook, Instagram, TikTok, hampir semua bisa digunakan kuota internet ini. Sekarang dengan kuota umum seperti ini, jauh lebih mudah semua bisa digunakan, termasuk Youtube,” pungkasnya. (MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *