Friday, April 16

Stok Beras Medium di Kaltim Aman Jelang Puasa

Samarinda: Kurang dari dua pekan jelang Ramadan, stok beras di Kalimantan Timur aman.

Pimpinan Perum (Badan Urusan Logistik) Bulog Kanwil Kaltim dan Kaltara Arrahim K Kanam kepada RRI Rabu (31/3/2021) memastikan saat ini ketersediaan stok beras medium mencapai 5 ribu 500 ton.

Jumlah ini dinilai sangat cukup memenuhi permintaan masyarakat selama bulan puasa dan lebaran sehingga masyarakat dinilainya tidak perlu khawatir. Selain menjamin stok beras dalam jumlah yang cukup, Bulog juga memastikan harga dari makanan pokok ini masih stabil di pasaran.

“Stok beras khususnya beras medium atau CBP ada sebanyak 5.500 ton. Kami rasa cukup dalam rangka menghadapi puasa dan lebaran nanti”, tegasnya dalam Dialog Interaktif Hallo Kaltim RRI Samarinda.

Senada, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM HM Yadi Robyan Noor mengatakan sesuai instruksi Menteri Perdagangan terdapat 4 komoditas yang paling mendapat perhatian jelang Ramadan yakni beras, gula, daging sapi, dan cabai. Pemda diminta sigap mengantisipasi tren tahunan yakni melambungnya harga kebutuhan pokok jelang hari Besar keagamaan. Kaltim menurut Roby sudah menyiapkan program Pasar Murah bersama Disperindag Kabupaten/Kota.

“Kami, tanggal 8 Maret lalu, Rapat bersama Pak Mendag dimana Kaltim juga diminta memberikan paparan. Ada 4 komoditas yang jadi perhatian Pemerintah. Tapi yang jelas masyarakat ngga perlu khawatir, karena Kami juga sudah memprogramkan kegiatan Pasar Murah. Di tingkat Provinsi ada 10 paket. Untuk Kabupaten/Kota ada 20 paket. Jadi total ada 30 paket”, kata Roby.

Sementara itu, Perum Bulog Kanwil Kaltim Kaltara sendiri saat ini sedang fokus menyerap beras dari hasil produksi petani di wilayah Kalimantan.

Pekan lalu, Perum Bulog bahkan telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait program Agro Solution dimana menekankan peranan Bulog dalam menyerap hasil produksi petani dalam wilayah Kaltim.

“Bulog siap menyerap beras khususnya beras medium sesuai kualitas yang dipersyaratkan baik diaturan internal Perum Bulog sendiri maupun di aturan Permendag Nomor 24 Tahun 2020”, tambah Iim, sapaan Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kaltim Kaltara.

Selain beras, Bulog juga menjamin stok gula aman dengan cadangan 583 ton untuk keperluan warga Kaltim. Termasuk stok daging beku sapi dan kerbau tepung terigu dan minyak goreng seluruhnya dalam kondisi aman dan tersimpan di gudang Bulog yang ada di 10 Kabupaten/Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *