by

Status Gunung Ijen Banyuwangi Masih Waspada

Jakarta: Aktivitas wisata di Gunung Ijen Banyuwangi bakal ditinjau ulang pasca kenaikan status menjadi waspada. Pasalnya aktivitas wisata di Gunung Ijen bergantung kondisi aktivitas vulkaniknya.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Purwantono menyatakan, sejauh ini pasca peningkatan status ke waspada belum mempengaruhi wisata. Bahkan hingga Sabtu ini aktivitas wisata masih beroperasi normal.

“Kalau penutupan sih belum ada. Mungkin kalau sudah ada hasil kajiannya ditutup, nanti dari Balai Besar KSDA Jatim yang menerbitkan,” kata Purwantono kepada wartawan, Minggu (8/1/2023).

Sejauh ini memang pengelola masih membuka reservasi pemesanan tiket masuk ke kawasan Wisata Kawah Ijen. Namun bukan tidak mungkin bila aktivitas vulkanik terus menunjukkan tren peningkatan wisata bakal ditutup.

“Kalau untuk nanti malam, pasti sudah booking lewat online para wisatawan. Nanti kami lihat kondisi di lapangan,” ujarnya.

“Kalaupun tiba-tiba kondisinya ekstrem, dengan terpaksa akan kami tutup. Seperti pengalaman saat cuaca ekstrem, hujan deras. Bisa secara spontan penutupannya,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *