by

Skuad Timnas Senior Indonesia Tiba di Tanah Air

akarta: Skuad timnas senior tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (16/6/2022) malam. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan didampingi anggota Exco Haruna Soemitro dan Sekjen Yunus Nusi, menyambut skuad Merah Putih yang baru tiba dari Kuwait.

“Alhamdulillah Timnas Indonesia sudah mendarat di Tanah Air. Memang tidak semua, ada beberapa yang istirahat di hotel, ada juga yang langsung ke klub. Sisanya ada di sini untuk istirahat dan makan malam,” ujar ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (16/6/2022).

“Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih dan ofisial yang sudah berjuang untuk Indonesia, dan lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih kepada masyarakat di tanah air, sehingga anak-anak bisa memberikan yang terbaik.”

“Kami juga memberikan bonus atas keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023. Semoga pemain tetap fokus, disiplin, kerja keras demi hasil terbaik di Piala Asia 2023.”

Sementara itu, kapten tim Fachruddin Aryanto menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder sepakbola nasional, baik di Kuwait maupun tanah air, yang telah memberikan dukungan kepada timnas senior.

“Alhamdulillah kami telah lolos Piala Asia 2023. Terima kasih untuk semua pihak atas dukungannya kepada kami. Perjuangan belum berakhir, kami akan bersiap lebih keras lagi di Piala Asia 2023,” kata pemain asal Madura United tersebut.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia AFC 2023 setelah berhasil membantai Nepal dengan skor 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Gelontoran gol skuad “Garuda” pada pertandingan tersebut dibuat oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Hasil itu membuat Indonesia sukses mengunci slot di Piala Asia 2023 lantaran menjadi salah satu dari lima runer-up terbaik dari enam grup yang ada di putaran ketiga kualifikasi.

Skuad Garuda menjadi runner-up mengemas enam poin dari tiga kali bertanding. Kemenangan diraih saat menghadapi Kuwait dan Nepal, sementara satu-satunya kekalahan diderita dari Yordania.

Piala Asia 2023 menjadi keikutsertaan Indonesia kelima dalam ajang sepak bola tertinggi di Benua Kuning. Sebelumnya Indonesia tampil di Piala Asia 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Keberhasilan itu membuat skuad Garuda diguyur bonus besar. PSSI memberikan bonus sebanyak Rp1,5 miliar. Sedangkan sisanya disumbangkan bos Arema FC, Gilang Widya Pramana.