by

Siswa Tidak Naik Kelas Lebih Rentan Perundungan

Fudan: Siswa yang telah tidak naik kelas berisiko menjadi korban perundungan lebih tinggi di banyak negara di seluruh dunia, menurut sebuah studi baru dari hampir setengah juta siswa yang diterbitkan 11 November di PLOS Medicine oleh Xiayun Zuo dari Universitas Fudan, Cina, bersama rekannya. Studi ini merupakan bagian dari PLOS Medicine Special Issue on Global Child Health.

Mengatasi dan mencegah kekerasan di sekolah, termasuk perundungan, adalah target khusus dari United National Sustainable Development Goals. Beberapa penelitian yang melibatkan sampel besar telah meneliti hubungan antara mengulang kelas dan korban perundungan. Dalam studi baru, para peneliti menggunakan data dari Program for International Student Assessment (PIA) 2018, yang mencakup informasi tentang 465.146 siswa berusia 15 dan 16 tahun dari 74 negara/ekonomi.

Secara keseluruhan, 12,25% siswa yang disertakan telah mengulang kelas dan 30,32% siswa melaporkan telah mengalami perundungan setidaknya beberapa kali sebulan selama tahun sebelumnya. Siswa yang mengulang kelas lebih mungkin menjadi korban perundungan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka (OR 95% CI 1,32-1,52, p

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *