by

Sistem OSS Berbasis Risiko Mempermudah Perizinan

Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia resmi meluncuran sistem Online Single Submission alias OSS berbasis risiko. Bahlil mengatakan, sistem ini pertama yang ada di Indonesia.

Bahlil juga mengatakan, proses perizinan berusaha melalui sistem elektronik terpusat dapat dipantau (tracking) setiap saat oleh pelaku usaha maupun instansi yang berwenang.

Sistem OSS juga menerapkan standardisasi proses penerbitan perizinan berusaha, dari sisi persyaratan maupun waktu penyelesaian perizinan, sehingga dapat memberikan kepastian bagi pelaku usaha.

“Mekanisme perizinan melalui OSS mampu mengurangi tatap muka dalam proses penyelesaian perizinan berusaha sebagai salah satu upaya menghindari terjadinya interaksi negatif antara pelaku usaha dengan pejabat pemerintah,” kata Bahlil saat peluncuran yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senin (9/8/2021).

Sementara, Presiden Jokowi mengatakan, pandemi tidak boleh menghentikan reformasi perubahan, prosedur berusaha dan investasi.

“Kita juga akan permudah, karena apa iklim usaha di kita akan lebih baik, dan meningkatkan investor, membuka lapangan pekerjaan di masa pandemi ini,” kata Jokowi.

Jokowi juga berharap dengan sistem OSS Berbasis Resiko ini, izin usaha akan lebih mudah.

“Jadi mudah menjadi sangat mudah, kuncinya mempermudah perizinan usaha,” kata ia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *