Wednesday, June 23

Sinopsis Film Soul, Ceritakan Sebuah Mimpi

Jakarta: Soul, film animasi yang dimeriahkan oleh Jamie Foxx dan Tina Fey ini menceritakan kisah seorang guru musik yang bermimpi menjadi musisi jazz.

Dikutip dari Variety, Soul juga akan membawa penontonnya mengarungi alur cerita tentang perjalanan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan terpenting dalam hidup.

Film Soul memiliki latar belakang di kota New York, sementara aktor Jamie Foxx dipercaya untuk mengisi suara Joe selaku pemeran utama di sinema animasi ini.

Selain Joe, film ini juga menampilkan karakter Paul yang diisi suaranya oleh Daveed Diggs. Ahmir-Khalib Thompson akan hadir sebagai pengisi suara Curly dan Phylicia Rashad sebagai pengisi suara Libba Gardner.

Jalan cerita film ini diadaptasi dari kisah nyata Pete Docter selaku sutradara saat berusia 23 tahun. Ketika putranya lahir, secara langsung kepribadiannya ada pada tubuh anaknya, dan ia menganggap bahwa kepribadian jiwa berkembang melalui interaksi diri dengan dunia.

Namun menurutnya, cukup jelas bahwa manusia semua dilahirkan dengan perasaan yang sangat unik dan memiliki kriteria tersendiri tentang identitas siapa diri mereka.

Dikisahkan Joe Gardner, seorang guru musik di sekolah menengah yang sangat menyukai jazz dan bercita-cita menjadi musisi.

Namun dalam perjalanannya, nasib sial seolah selalu mengelilingi Joe dan membuatnya putus asa. Pasalnya, keberuntungan tidak kunjung berada di pihaknya meski telah puluhan tahun mencoba mewujudkan cita-citanya itu.

Suatu hari, Joe Gardner ditarik ke dalam sebuah dimensi yang memaksanya untuk kembali ke dunia permusikan, lewat sebuah kecelakaan membuat tubuhnya menjadi terpisah dengan jiwanya.

Seusai kejadian itu, jiwanya dibawa ke sebuah dimensi fantasi, tempat berkumpulnya para jiwa-jiwa berkembang sebelum lahir dan menjadi bayi di dunia. Di sana, Joe hidup dalam bentuk jiwa di tempat yang sama sekali asing.

Di alam baru itu, Joe dilatih dengan kebiasaan, keahlian, dan minat. Jika dianggap sudah siap, ia akan dinyatakan lulus dari sebuah proses yang dinamakan You Seminar.

Dalam proses itu, jiwa Joe kemudian bertemu dengan jiwa seorang bayi bernama 22, yang tak kunjung keluar dari tempat tersebut karena pandangannya tentang dunia redup dan membuatnya tak ingin untuk berkembang bersama yang lain.

Joe lantas dibantu oleh jiwa seorang bayi tersebut yang sebenarnya belajar tentang diri sang musisi. Saat itu, Joe mendapat kesempatan untuk tampil saat pembukaan acara Half Note Club dan sukses menampilkan musik jazz yang mengesankan dari atas panggung. (Buy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *