by

Siapkan Rumah Sakit Rujukan Cacar Monyet

Jakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Batam menyiapkan 20 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 2 Rumah Sakit Rujukan guna mengantisipasi masuknya penyakit cacar monyet atau monkeypox.

“Adapun kami sudah mempersiapkan bila mana terjadi penyakit ini, kita menyiapkan 20 rumah sakit, dan ada 2 rumah sakit rujukan yang terdiri dari RSUD dan RSBP,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari, dalam perbincangan bersama Pro3 RRi, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, antisipasi ini dilakukan sesuai dengan surat edaran yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait dengan kewaspadaan penyakit ini.

Lebih lanjut, Melda mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaporkan jika terjadi gejala terkait.

“Jadi kita tetap memakai masker dan rajin mencucui tangan, bilamana terjadi gejala ruam dan suhu 238,5 Celcius maka kita akan konfrimasi oleh Dinkes terkait RS rujukannya,” ungkap Melda.

Ia menyatakan, sejak 3 Agustus 2022 kemarin pasien yang sebelumnya dianggap memiliki gejala cacar monyet sudah dinyatakan negatif.

Melda pun memastikan hingga kini sosialisasi dan edukasi terus dilakukan kepada masyarakat baik secara online maupun offline.

“Untuk masyarakat jangan pernah takut apapun itu, kita harus tetap waspada dan terus amenjaga kesehatan, tetap memakai masker dan cuci tangan,” tandasnya.