by

Siapkan Puluhan Miliar Tangani Gempa Cianjur

Jakarta: Pemerintah menyiapkan sejumlah pendanaan penanganan korban bencana gempa bumi di Cianjur. Dana Siap Pakai (DSP) yang digunakan bersumber dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

​Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dana dari pemerintah kabupaten sebesar Rp5 miliar. Sementara dana dari pemerintah provinsi senilai Rp20 miliar.

“Sedangkan sisa dana elastisitasnya, dana yang dibutuhkan di luar itu nanti akan disupport dari BNPB. Sekarang BNPB sudah menggelontorkan dana bantuan sementara sebesar Rp500 juta dan bantuan lain adalah sebesar Rp1,5 miliar,” kata Muhadjir saat melakukan konferensi pers di kantor Bupati Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, pemerintah melalui BNPB telah memberikan bantuan dasar logistik. Berupa makanan dan selimut.

“Kemudian untuk penanganan ini ditangani secara pararel yang mengutamakan korban. Baik korban hidup, korban meninggal dan korban luka-luka ringan maupun berat,” ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, juga akan melakukan pendataan kepada warga yang rumahnya rusak berat. Pendataan itu untuk menyiapkan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Saat ini, pemerintah tengah memprioritaskan korban-korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan. Khususnya timbunan yang diduga terdapat korban.

“Terutama jika ada korban hidup itu akan diselesaikan hari ini . Dengan demikian bagi korban yang masih hidup mudah-mudahan masih bisa diselamatkan secepat mungkin,” ucapnya.