by

Semua Kontingen ASEAN Para Games Tiba di Solo

Surakarta: Para atlet dan official ASEAN Para Games (APG) 2022 dari semua negara peserta telah tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka pada Selasa (26/07/2022).

Total peserta yang tiba hari ini sebanyak 1.332 penumpang dengan total penerbangan sebanyak 9 penerbangan. Mereka ini berasal dari kontingen Myanmar, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapore, Kamboja, dan Timur Leste.

“Jadwal kedatangan dari penerbangan para atlet hari ini mulai jam 9 (sembilan) pagi sampai dengan jam 4 (empat) sore dengan total peserta sebanyak 1.332 orang”, ujar Yani Ajat Hermawan, General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Bandara Internasional Adi Soemarmo memberikan suguhan istimewa yang khas dari Kota Solo berupa tarian di area holding room.Dan pertunjukan gamelan bagi para atlet di area kedatangan.

Pertunjukan dengan nuansa tradisional diberikan sebagai ucapan selamat datang sembari menunggu proses akomodasi menuju titik penjemputan.

Rombongan dari setiap kontingen datang dengan skuad terbaiknya. Walau menempuh perjalanan yang cukup lama dari negara masing-masing, namun tidak terlihat wajah lelah dari para atlet yang datang. Para atlet terlihat antusias menikmati pertunjukan tari.

Pihak bandara menyediakan dua jalur kedatangan bagi atlet berdasarkan alat bantu yang digunakan. Atlet dengan alat bantu wheelchair menggunakan elevator khusus untuk memudahkan para atlet menuju titik penjemputan. Sedangkan atlet non wheelchair menggunakan eskalator yang langsung menuju area kedatangan internasional guna menjaga efisiensi di dalam bandara.

“Kami memberikan pelayanan terbaik bagi para atlet agar merasa nyaman, semua pelayanan di bandara dibuat seefisien mungkin untuk memudahkan atlet saat landing di sini. Ada juga hiburan dan makanan untuk semua peserta nasional maupun internasional”, tambah Yani.