Selain Dua Keponakan, Ipar Jokowi Ini Juga Duduki Jabatan Mentereng di Pertamina dan BNI

Jakarta – Setelah dua kemenakannya diketahui menduduki posisi strategis di perusahaan milik negara, PT Pertamina (Persero). Kini Jabatan keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari-hari ini disorot Namun, selain kedua keponakannya itu, ternyata ada kerabat Jokowi lainnya yang juga menjabat kedudukan mentereng perusahaan plat merah.

Dia adalah ipar Jokowi, Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi, Nining Roni Widyaningsih. Nining merupakan putri dari Miyono Suryo Sarjono, kakak tertua ibunda Jokowi, Sujiatmi. Adapun Sigit menduduki jabatan Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI pada 2018-2022 dan berlanjut ke periode kedua untuk masa tugas 2022 hingga 2025.

Saat dihubungi Tempo pada Selasa, 11 Juni 2024, Sigit tak membantah dirinya dua kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen BNI—sejak 2018-2022—dan ditunjuk kembali pada 2022 untuk menjabat hingga lima tahun.

Pihaknya mengatakan dirinya hanya mengikuti sesuai yang diamanatkan dalam tugas komisaris untuk pengawasan.

“Saya hanya mengikuti sesuai yang diamanatkan di dalam tugas komisaris untuk pengawasan,” kata Sigit melalui sambungan telepon.

Corporate Secretary PT BNI Okki Rushartomo, membenarkan Sigit saat ini masih menjabat sebagai Komisaris Independen di BNI. Jabatan itu diberikan sejak 20 Maret 2018 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) 2018.

Menurut dia, keputusan pengangkatan komisaris independen merupakan hak pemegang saham melalui proses seleksi ketat, transparan, dan akuntabel.

Okki juga mengatakan, penunjukan ipar Jokowi sebagai Komisaris Independen BNI tersebut dilakukan melalui jalur profesional. Terlepas apakah merupakan kerabat Jokowi atau bukan, menurutnya, Sigit menduduki posisi itu karena memiliki latar belakang pendidikan mumpuni.

Dia sarjana lulusan ekonomi dari Universitas Negeri Sebelas Maret dan magister akuntansi Universitas Indonesia.

“Dengan mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, profesionalisme, reputasi, dan independensi yang dimiliki oleh calon komisaris independen,” kata Okki, melalui pesan tertulis pada Selasa, 11 Juni 2024.

Sebelumnya, jabatan keluarga Jokowi di perusahaan plat merah mulai mendapatkan sorotan ketika kedua keponakannya: Bagaskara Ikhlasulla Arif dan Joko Priyambodo, diketahui menduduki jabatan di perusahaan milik negara.

Bagaskara memegang jabatan Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). Sementara Joko menjabat Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik—anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Bagaskara merupakan putra dari adik bungsu Jokowi, Titik Relawati yang menikah dengan Arif Budi Sulistyo. Dia ditunjuk memegang jabatan Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero) sejak Maret 2024 lalu. Sebelum di Pertamina, dia sempat menjabat di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Hal ini menuai pertanyaan lantaran kedua perusahaan ini memiliki bidang yang jauh berbeda.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, membenarkan kabar pengangkatan Bagaskara sebagai Manager Non-Government Relations di BUMN migas tersebut. Adapun Bagaskara disebut sudah direkrut Pertamina sejak 2021. Pengangkatan tersebut, kata dia, telah mengikuti seluruh prosedur yang berlaku selama ini.

“Melalui jalur profesional atau experienced hire,” kata Fadjar Ketika dihubungi, Kamis, 6 Juni 2024.

Sedangkan Joko Priyambodo merupakan menantu Idayati, adik kandung Jokowi. Joko menikah dengan Septiara Silvani Putri yang merupakan putri dari pasangan Idayati dan Hari Mulyono pada 2016. Dia juga merupakan menantu sambung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. Anwar menikahi Idayati pada 2022 setelah Hari Mulyono meninggal.

Joko tercatat menjabat Sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik sejak 20 Mei 2024. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan penunjukan Joko dilakukan dengan ketentuan berlaku. Kemenakan Jokowi itu disebut berpengalaman di Pertamina sejak 2016 meliputi Stakeholder Relations Management PT Pertamina (Persero), Board of Director Office PT Pertamina (Persero), Sales Branch Manager Yogyakarta, serta Sales Area Manager Banten.

“Dan di bidang logistik memiliki pengalaman di PT Pertamina International Shipping,” kata Irto melalui aplikasi perpesanan, Sabtu sore, 8 Juni 2024.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *