SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia Usulkan Tujuh Cabor ke Panitia Pelaksana

0
(0)

Jakarta – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengusulkan penambahan tujuh cabang olahraga kepada panitia penyelenggara SEA Games 2021 Vietnam.

Usulan tersebut disampaikan KOI dalam rapat virtual bersama Federasi Olahraga Asia Tenggara (SEAGF), 21-22 Juli. Pertemuan tersebut bertujuan mengumpulkan pendapat mengenai cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

“Ya, NOC Indonesia mengusulkan penambahan tujuh cabang olahraga dari 36 yang diusulkan panitia SEA Games Vietnam 2021,” kata Wakil Sekretaris Jenderal KOI, Wijaya Noeradi dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (23/7).

Ketujuh cabang olahraga yang diusulkan Indonesia, yaitu sambo, esports, triathlon, ju jitsu, modern pentathlon, boling, dan teqball. Sebelumnya, Vietnam sebagai tuan rumah sudah mengusulkan 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021.

Sebanyak 36 cabang yang diusulkan tersebut, antara lain atletik, akuatik, panahan, bulu tangkis, basket 3×3 dan 5×5, biliar, tinju, canoeing/kayak, catur, dan balap sepeda (road dan MTB). Selain itu, ada juga pencak silat, sepak takraw, menembak, bola voli, angkat besi,dan wushu.

Namun, menurut Wijaya, kepastian resmi terkait jumlah cabang olahraga yang sudah pasti dipertandingkan baru akan diumumkan 12 bulan sebelum penyelenggaraan SEA Games Vietnam yang digelar 21 November hingga 2 Desember 2021 itu. “Sesuai dengan SEAGF Charter, cabang olahraga resmi yang dipertandingkan akan diputuskan 12 bulan sebelum SEA Games 2021, yakni November 2020,” ucapnya.

Vietnam resmi terpilih sebagai tuan rumah SEA Games 2021 melalui surat keputusan yang ditandatangani Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc pada November 2019. Ajang dua tahunan itu, hingga kini masih dijadwalkan digelar pada 21 November hingga 2 Desember di Hanoi, meski ada Olimpiade Tokyo yang juga akan digelar pada tahun depan.

Rencananya, SEA Games Vietnam bakal mempertandingkan 36-40 cabang olahraga. Jumlah tersebut bisa saja bertambah sesuai dengan kesepakatan negara anggota. (ASF)

Berita ini telah tayang di Indonesiainside.id dengan link https://indonesiainside.id/olahraga/2020/07/24/sea-games-2021-vietnam-indonesia-usulkan-tujuh-cabor-ke-panitia-pelaksana

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Penanganan Covid-19, Pakar: Jangan Bawa Anak ke Tempat Keramaian

Fri Jul 24 , 2020
0 (0) Banjarmasin – Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengingatkan orang tua untuk tidak membawa anaknya di tempat keramaian selama pandemi. “Selama ini kita lihat masih banyak orangtua terkesan abai menjaga anaknya dari ancaman penularan […]