Friday, May 7

Satu Juta Kasus, Indonesia Hotspot Terbesar Covid-19

Jakarta: Kasus Covid-19 di Indonesia hampir menembus angka 1 juta kasus. Ahli epidemiolog mengatakan, pengendalian kasus Covid-19 di tanah air tidak menunjukkan sesuai dengan protokol yang diberikan.

“Di Asia Tenggara kita tuh hotspot terbesar, sementara negara-negara lain di Asia Tenggara sudah terkendali dan kita masih terus mendaki menuju puncak,” kata Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane saat dihubungi RRI.co.id, Selasa (26/1/2021).

“Kita itu seperti pemadam kebakaran gitu, (pengendaliannya) hanya di ujung saja,” tegasnya.

Menurutnya, pengendalian kasus di Indonesia sama dengan fenomena gunung es. Sehingga kasus yang dilaporkan selama ini hanya puncaknya saja.

Sementara untuk kasus-kasus di bawah permukaan sangat banyak jumlahnya dan tidak pernah ditangani atau dikelola.

“Ini akan meledak yang di bawah ini, ini belum ledakan benar sebetulnya,” kata dia.

Masdalina, juga menyinggung angka kematian akibat Covid-19 yang akhir-akhir ini terus naik. Tanpa sadar, lanjut dia, orang-orang yang meninggal dunia saat ini tidak hanya tenaga kesehatan saja melainkan orang-orang terdekat.

“Satu-per satu meninggal, tapi sekarang ini hampir setiap hari di sosial media kita ucapan innalilahi wa inna ilahi rojiun itu setiap hari kita terima,” ungkapnya.

“Itu menandakan bahwa pengendalian kita ini harus dilakukan perubahan yang sangat mendasar,” tandasnya.

Seperti yang diketahui, data pemerintah Senin (25/1/2020) menunjukan, Indonesia hampir menyentuh angka satu juta kasus positif Covid-19. Tercatat, kemarin kasus Covid-19 Indonesia sudah mencapai 999.256 kasus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *