Satgas: Vaksin salah satu perlindungan, masyarakat diminta terus terapkan 3M

0
(0)

Jakarta – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, keberadaan vaksin bukanlah angin segar bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Vaksin merupakan salah satu ‘tameng’ tambahan untuk perlindungan diri dari Covid-19.

“Vaksin ini menarik, dan semua sepertinya merasa bahwa kalau ada vaksin kita sebentar lagi selesai. Tapi, sebenarnya kita harus melihat bahwa vaksin ini adalah salah satu tameng,” ujar Wiku dalam konferensi pers, Jumat (18/12/2020).

Keberadaan vaksin, Wiku menjelaskan, seperti Cheese Model. Bahwa dalam menghadapi pandemi orang-orang harus punya perlindungan berlapis. Vaksin merupakan salah satu menjadi perlindungan.

“Jadi, dengan adanya vaksin, tidak serta merta perlindungan lainnya kita tinggalkan, tidak boleh, karena bisa saja nanti bobol,” jelasnya.

Vaksin belum tentu bisa melindungi 100 persen dari seluruh masyarakat. Maka, kata Wiku, masyarakat harus tetap menerapkan 3M dan tetap harus menerapkan prinsip kehati-hatian.

“Dalam menghadapi pandemi, imunitas itu penting olahraga, istirahat yang cukup itu penting, karena itulah, imunitas yang setiap orang memilikinya,” ujarnya.

“Dan, jangan tinggalkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) gara-gara menganggap sudah ada vaksin. Menghadapi vrus ini kita perlu belajar bersama,” pesan Wiku.

Meski pandemi telah berjalan 10 bulan, Wiku pun berharap masyarakat tidak lelah, dan justru harus terbiasa dan pintar dengan kondisi menerapkan protokol kesehatan.

“Yang sudah dilakukan, lakukan saja terus. Nanti ketika ada vaksin akan 3M tidak menjadi beban lagi, dan jika kita betul menerapkan bisa semuanya terbebas dari virus,” terangnya.

Dia menjelaskan, cara kerja vaksin adalah dengan membentuk kekebalan yang bisa langsung melawan virus spesifik.

“Maka dari itu kita berusaha untuk membuat vaksin, sehingga suatu saat kalau sampai virusnya datang kita sudah punya ‘pasukan’ nya, jadi dia nggak bisa masuk,” ujar Wiku

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *