by

Sambut New Normal, Taiwan Excellence Hadir Kembali di Indonesia

Jakarta, – Menyambut era baru dengan kebiasaan new normal setelah pandemi, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) akan kembali menggelar “product experience event” di bidang olah raga dan gaya hidup atau lifestyle dengan menghadirkan 22 perusahaan ternama Taiwan dengan konsep Online-Merge-Offline (OMO) pada tanggal 16-19 Juni 2022 di pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) mengatakan bahwa sejak meledaknya pandemi Covid-19, ini adalah kali pertama Taiwan Excellence hadir Kembali di Indonesia. Dengan mengusung konsep Product Experience Event yang terintegrasi bagi para penggiat industri dan para konsumen, TAITRA berharap bahwa penyelenggaraan berbagai kegiatan promosi secara offline dapat kembali diadakan seperti sedia kala dan dapat terus berinteraksi dengan para masyarakat Indonesia.

John C.Chen, selaku Ambassador of Taiwan mengatakan bahwa acara ini bertepatan dengan penyelenggaraan turnamen bulutangkis Indonesia Open, dimana salah satu pebulutangkis ternama asal Taiwan; Tai Tzu-ying juga akan berpartisipasi didalamnya. Oleh karena itu, beberapa brand olahraga unggulan Taiwan juga akan dipastikan berpartisipasi pada pameran kali ini. Selain dapat melihat langsung produk olahraga unggulan dari Taiwan, diharapkan juga masyarakat Indonesia dapat mendukung atlet dari kedua negara, Indonesia dan Taiwan.

Yang membuat pameran kali ini berbeda, konsep Online-Merge-Offline (OMO) tidak hanya mengundang produsen dari industri olah raga dan produk gaya hidup di Taiwan untuk menampilkan rangkaian produknya, namun acara ini juga menghadirkan berbagai mini-games dan kegiatan seru lainnya. Bagi masyarakat yang hadir dan berpartisipasi selama acara berlangsung, selain mendapatkan pengalaman menyenangkan, juga berkesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah dari Taiwan Excellence secara gratis.

Pada kesempatan ini juga diadakan online business matching, yang dapat membantu para perusahaan asal Taiwan untuk dapat bertemu dengan para penggiat industri dari Indonesia, yang diharapkan dapat menjalin kerjasama guna membawa lebih banyak produk pemenang penghargaan Taiwan Excellence ke pasar Indonesia.

Adapun produk-produk unggulan yang inovatif dan berkualitas tinggi dari sejumlah perusahaan peraih penghargaan Taiwan Excellence, meliputi:
• Perusahaan pemasok raket badminton dengan pangsa pasar terbesar kedua di dunia, Victor. Perusahaan inilah yang berada di balik kesuksesan Polii/Rahayu, kombinasi ganda putri yang memenangkan medali emas pertama untuk Indonesia dalam sejarah bulu tangkis di Olimpiade Tokyo, dengan menggunakan produk raket andalan dari Victor.
• Perusahaan unggulan kedua yang akan hadir adalah; Merida. Merida adalah merek sepeda terkenal di dunia. Dalam pameran kali ini, Merida akan mempersembahkan produk pemenang pengharagaan Taiwan Excellence Silver Awards, yakni aerodinamis all-round (REACTO). Produk ini memberikan hambatan angin yang lebih rendah dan kecepatan yang lebih cepat, dengan tingkat kenyamanan, performa dan stabilitas berkendara yang berkualitas tinggi secara keseluruhan.
• Selain itu, AcerPure, sebuah perusahaan yang berfokus dalam solusi kualitas udara pintar dari Acer Group, pada acara ini akan menampilkan teknologi pembersih udara 2 in 1 dengan pembersih dan perputaran sirkulasi kipas yang mampu membunuh hampir 99% bakteri dan 99,97% partikel yang tersuspensi di udara.

Anak perusahaan Acer Grup lainnya yang turut hadir adalah, Acer Gadget Inc. Perusahaan ini akan memperkenalkan merek alat olahraga luar ruangan yakni Xplova. Dan tidak hanya itu, Xplova juga akan menampilkan peralatan dan aksesori sepeda pintar berkualitas tinggi seperti cycling computer dan sensor kecepatan/irama dua arah.

Merek lainnya yang akan tampil adalah; PLAINLIV. Perusahaan asal Taiwan ini akan memamerkan pemurni air modular rilis cepat dengan teknologi paten multi-nasional. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh alat terbaru dari PLAINLIV ini adalah adanya desain tipe kait yang eksklusif, fitur pelepasan dan penggantian elemen filter selama 3 detik, serta efek filtrasi komprehensif dari penghilangan timbal, penghambatan kerak , dan antibakteri.

Semua brand yang hadir dalam Taiwan Excellence Week sudah memiliki kualitas standar dan merupakan brand yang lolos klasifikasi penghargaan Taiwan Excellence Awards. “Taiwan Excellence Awards” sendiri merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan (BOFT) di bawah Kementerian Perekonomian Taiwan (MOEA) melalui Taiwan External Trade Development Council (TAITRA). Selain desain, produk pemenang Taiwan Excellence juga harus menjalani proses seleksi dalam aspek penelitian & pengembangan, kualitas, serta pemasaran. Melalui 4 aspek seleksi ketat tersebut, Taiwan Excellence menjamin bahwa produk yang dipilih layak untuk dipasarkan dibandingkan dengan penghargaan lainnya. Taiwan Excellence Week 2022 juga akan bertolak ke Surabaya untuk melanjutkan rangkain agendanya, tepatnya di Tunjungan Plaza 6, pada tanggal 30 Juni – 3 Juli 2022.

SUDAH DISAMAKAN DENGAN YG PRE-EVENT

Penghargaan Taiwan Excellence
Penghargaan Taiwan Excellence merupakan penghargaan yang diadakan oleh Ministry of Economic Affairs, Taiwan sejak tahun 1993. Setiap tahun melalui proses mekanisme penyeleksian ketat, berdasarkan 4 macam indikator profesional, yaitu “Penelitian dan Pengembangan”, “Desain”, “Kualitas” dan “Pemasaran”.

Secara bersamaan, juga mempertimbangkan syarat “made in Taiwan”, melalui pertimbangan yang komprehensif memilih produk yang memiliki “nilai inovasi” untuk diberikan Penghargaan Taiwan Excellence sebagai teladan dalam industri Taiwan, kemudian melalui pemerintah mempromosikannya ke pasar internasional, guna membentuk citra inovasi industri Taiwan. Proses seleksi Penghargaan Taiwan Excellence dibagi menjadi 2 tahap. Pada tahap pertama, melalui evaluasi di tempat, juri profesional memilih produk penerima “Penghargaan Taiwan Excellence” dan “Daftar Finalis Penghargaan Taiwan Excellence Gold, serta Penghargaan Taiwan Excellence Silver”.

Sedangkan, pada tahap kedua, akan ditambah juri berskala internasional dan secara bersamaan memilih produk yang dapat menjadi simbol kehormatan tertinggi “Penghargaan Taiwan Excellence Gold” dan “Penghargaan Taiwan Excellence Silver”.

Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), MOEA

Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT) di bawah Kementerian Urusan Perekonomian (MOEA), Taiwan bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan dan mengatur perdagangan luar negeri serta kerjasama ekonomi.

Didirikan pada Januari 1969, mengemban peran dan posisi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan perdagangan internasional yang terus berubah. BOFT telah membimbing dan bekerja dengan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dalam berbagai proyek dan kegiatan promosi perdagangan baik secara internasional maupun domestik. Setelah bekerja sama dengan TAITRA selama beberapa dekade, BOFT senantiasa menunjuk TAITRA dalam berbagai proyek pemerintah penting yang berkaitan dengan bisnis, perdagangan, dan investasi, bersamaan juga mempromosikan Taiwan secara internasional.

Taiwan External Trade Development Council

Taiwan External Trade Development Council merupakan insitusi promosi perdagangan yang paling penting di Taiwan, institusi bersifat non-profit yang didirikan oleh Ministry of Economic Affairs of Taiwan bekerja sama dengan organisasi industri dan perdagangan non-pemerintah bertujuan untuk membantu pebisnis mengembangkan perdagangan internasional.

Saat ini, memiliki lebih dari 1,300 tenaga profesional bidang perdagangan ekonomi, selain kantor pusatnya berlokasi di Taipei, juga ada 5 kantor lainnya termasuk Taoyuan, Xinzhu, Taichung, Tainan dan Kaohsiung, serta 60+ lokasi lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini menciptakan pelayanan perdagangan yang terintegrasi, menawarkan pelayanan kilat tanpa batas waktu, dan secara berkelanjutan mengejar kestabilan perkembangan ekonomi Taiwan

bersama dengan para pengusaha. Institusi ini merupakan mitra terbaik bagi pebisnis untuk mengembangkan perdagangan.

Dalam rangka menguatkan inovasi terintegrasi lintas negara, institusi ini kembali memposisikan lagi sebagai pusat terintegrasi cerdas internasional (smart integrator), mulai dari mengintegrasikan badan hukum, universitas, pariwisata, pameran, kota, asosiasi masyarakat, pebisnis luar negeri Taiwan, menawarkan pelayanan terintegrasi untuk mengembangkan pasar internasional, melaksanakan kerjasama, dan menghubungkan jaringan internasional. (Yg)