by

Rusia Alami Rekor Lonjakan Kasus COVID-19

Moskow: Kasus COVID-19 Rusia kembali mencapai rekor tertinggi dalam sehari saat tengah berjuang menahan gelombang infeksi dan kematian yang telah berlangsung selama lebih dari sebulan.

Gugus tugas virus corona nasional pada hari Sabtu (6/11/2021) melaporkan 41.335 kasus baru sejak hari sebelumnya, melebihi rekor harian sebelumnya 40.993 dari 31 Oktober. Gugus tugas mengatakan 1.188 orang dengan COVID-19 meninggal, hanya tujuh lebih sedikit dari catatan kematian harian yang dilaporkan Kamis.

Para pejabat mengutip tingkat vaksinasi Rusia yang rendah sebagai faktor utama dalam peningkatan tajam dalam kasus-kasus yang dimulai pada pertengahan September. Gugus tugas melaporkan sekitar 57,2 juta vaksinasi lengkap, atau kurang dari 40% dari 146 juta penduduk negara itu.

Bulan lalu, Presiden Vladimir Putin memerintahkan banyak warga Rusia tidak bekerja antara 30 Oktober dan 7 November. Dia memberi wewenang kepada pemerintah daerah untuk memperpanjang jumlah hari tidak bekerja, jika diperlukan, seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (7/11/2021).

Beberapa wilayah, termasuk Novgorod di barat laut, Tomsk di Siberia, wilayah Chelyabinsk di Pegunungan Ural, serta wilayah Kursk dan Bryansk di barat daya Moskow, telah memperpanjang periode tidak bekerja hingga akhir minggu depan.

Walikota Moskow mengatakan situasi di ibu kota telah cukup stabil bagi warganya untuk kembali bekerja di sana pada hari Senin. Warga di wilayah Krimea yang dicaplok Rusia juga akan kembali bekerja minggu depan.

Pembatasan tertentu akan tetap diberlakukan di ibu kota Rusia, seperti perintah tinggal di rumah untuk orang dewasa lansia dan keharusan bidang usaha agar 30% staf mereka bekerja dari rumah. Akses ke teater dan museum dibatasi hanya pada mereka yang telah divaksinasi lengkap, telah pulih dari COVID-19 dalam enam bulan terakhir atau dapat menunjukkan hasil tes virus corona negatif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *