by

RSUD Cengkareng Siapkan BOR, Antisipasi Lonjakan Covid-19

Jakarta: Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, telah mempersiapkan sarana dan prasarana guna antisipasi lonjakan kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Humas RSUD Cengkareng, Aris Pribadi mengatakan, pihaknya telah menyediakan ketersediaan tempat tidur atau bed occupansy rate (BOR). Hal ini dilakukan agar jika nanti terjadi lonjakan, pihaknya bisa lebih siap.

“Kalau memang lonjakan kasus ada lagi, kita kemarin masih siap semua, alat-alat masih siap, tempat tidur masih siap semua. Ruangan siap,” katanya, saat dikonfirmasi, Jum’at (3/12/2021).

Penyediaan ini, lanjut Aris, meliputi ruangan khusus bagi pasien Covid-19. Sementara, untuk ketersediaan ruang transit Covid-19 saat ini terdapat sebanyak 30 tempat tidur dan ruang rawat inap Covid-19 sebanyak 50 tempat tidur.

“Sementara untuk ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) non Covid-19 sebanyak 15 tempat tidur,” kata dia.

Selain itu, terdapat sebanyak 340 tempat tidur untuk pasien non Covid-19. Jika memang ada lonjakan, tempat ini diprioritaskan ratusan tempat tidur itu untuk pasien Covid-19.

“Pada saat ini komposisi diutamakan kepada kebutuhan pasien non Covid-19. Bila terjadi kenaikan yg siginifikan dari data harian kunjungan, maka RSUD Cengkareng akan berproses kepada kebutuhan pasien covid sesuai dengan keberadaan bed (tempat tidur)” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *