RSU Tangsel Siagakan Tiga Dokter Jiwa Untuk Caleg Gagal

Tangerang – Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan (RSU Tangsel) menyediakan tiga dokter jiwa menjelang Pemilu 2024. Mereka ditugaskan memberikan konsultasi kepada calon anggota legislatif (caleg) yang gagal pada kontestasi politik tersebut.

Direktur Utama RSU Tangsel, Umi Kulsum mengatakan, ketiga dokter ini bertugas memberikan konsultasi para caleg yang gagal pada Pemilu 2024 mendatang di wilayahnya. “Ada tiga orang dokter jiwa. Seluruhnya kami siagakan untuk membreikan konsultasi jejiwaan bagi para caleg yang gagal,” ujarnya, Minggu (19/11/2023).

Terpisah, Ketua KPU Tangsel, M Taufik MZ mengungkapkan, total ada 700 orang yang masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) Pemilu 2024. Para caleg ini mewakili enam daerah pemilihan (dapil).

Rinciannya, sambung Taufik, adalah Dapil 1 Ciputat, Dapil 2 Pamulang, Dapil 3 Setu-Serpong, Dapil 4 Serpong Utara, Dapil 5 Pondok Aren, dan Dapil 6 Ciputat Timur. Jumlah daftar pemilih tetap (DCT) sebanyak 1.022.237 orang yang terdiri dari 501.755 laki-laki dan 520.482 perempuan.

Tidak hanya RSU Tangsel, RSUD Kabupaten Tangerang juga menyiapkan hal serupa. Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani menjelaskan, fasilitas itu bisa membentengi mental psikologis caleg gagal, sehingga tidak mudah mengalami depresi.

“Kondisi ini dipersiapkan karena pada proses pemilihan legislatif kerap kali ditemui kasus caleg yang mengalami gangguan kejiwaan. Itu diduga akibat gagal dalam pesta demokrasi,” ucapnya.

Fasilitas konsultasi jiwa bagi caleg itu di antaranya dua dokter spesialis kejiwaan. Dengan begitu, ketika ada caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kalah dalam kontestasi Pemilu 2024 bisa langsung ditangani.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *