Friday, May 7

RS Rujukan Covid-19 Kekurangan Tempat Tidur

Jakarta: Satgas Penangan Covid-19 menyampaikan data terbaru mengenai keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan.

“Tempat tidur yang kita miliki sekitar 81 ribu untuk pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan atau hanya setengah kasus yang ada. Ditambah lagi jumlah nakes terbatas,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Pemerintah telah berupaya maksimal untuk menambah tempat tidur pasien dan jumlah tenaga kesehatan. Namun, lanjut Wiku, sebanyak apapun tempat tidur dan tenaga kesehatan yang ditambah tidak akan cukup untuk menangani kasus Covid-19 jika terus bertambah angkanya.

“Satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menekan angka penularan yang terjadi di masyarakat dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya, Wiku menjelaskan, perkembangan kasus mingguan dalam skala nasional. Per tanggal 24 Januari, terjadi kenaikan kasus sebesar 1,8% dibandingkakn dengan penambahan kasus minggu sebelumnya.

“Namun kenaikannya tidak sebesar minggu sebelumnya, ini adalah perkembangan yang cukup baik. Diharapkan angka ini dapat terus turun di minggu-minggu yang akan datang,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *