by

Rp34 Ribu Harga Telur Kota Bandung

Bandung: Jelang tahun baru 2022, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mencatat kenaikan sejumlah bahan pokok, salah satunya adalah harga telur yang saat ini ‘pecah’ antara Rp33 ribu hingga Rp34 ribu per kilogram.

Menurut Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, bahwa hingga saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terkait kenaikan harga telur di sejumlah pasar Kota Bandung.

“Jadi memang Disdagin sampai dengan tahun baru ini terus memantau, setiap hari, dan hari ini pun baru selesai. Memang harga telur nih yang (naik), beberapa komoditas yang memang mengalami kenaikan signifikan itu telur,” ujar Elly kepada wartawan dan RRI.co.id di Balai Kota Bandung, Jumat (31/12/2021).

Dijelaskan Elly, bahwa harga telur ketika ditinjau beberapa waktu lalu bersama Plt Wali Kota, Yana Mulyana, masih di harga Rp31 ribu per kilogramnya.

“Hari ini sudah di Rp33 ribu sampai Rp34 ribu. sedangkan Harga Eceran Tertinggi (HET) nya itu Rp24 ribu. Sesuai dengan peraturan menteri perdagangan No 07 tahun 2020. Sehingga itu kenaikan sudah hampir Rp9 ribu sampai Rp10 ribu di atas HET yang Rp24 ribu itu. Nah, komoditas ini yang terus naik harganya,” sambungnya.

Elly mengutarakan, saat ini akan melakukan pengendalian harga, salah satunya adalah dengan operasi pasar.

Namun, kata dia, hal tersebut akan dilakukan satu pekan setelah tahun baru 2022.

“Ya kita lihat lah, kan besok sudah tahun baru. Nah, nanti setelah tahun baru, kita lihat satu minggu, apakah ada pergerakan turun, kalau memang tidak ada pergerakan turun, kami operasi pasar,” ucapnya.

Elly menambahkan, bahwa saat ini Pemkot Bandung akan mencari sejumlah pihak untuk diajak kerja sama dalam operasi pasar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *