RKUHAP, Sidang Perkara Pidana Online Bakal Dipermanenkan

0
(0)

Jakarta: Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto mengaku, tidak mempermasalahkan Mahkamah Agung (MA) terkait rencana mempermanenkan sidang perkara pidana yang di gelar secara online/virtual selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, mempermanenkan sidang pidana online harus di atur dalam Kitab Undang- Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). UU tersebut pun sudah masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2020-2024.

“Kalau kita bicara aturan ini, nanti dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (RKUHAP) kita kan masukan suatu yang baru,” kata Wihadi, Kamis (17/9/2020).

Politisi Partai Gerindra ini juga mengungkapkan, kualitas sidang online sama dengan sidang tata muka. Sehingga, terobosan ini perlu dilakukan ke depannya.

“Karena menurut KUHAP juga bahwa masa tahanan itu ada waktunya. Kalau semuanya dalam situasi Covid tidak bisa sidang secara fisik, maka banyak orang-orang ini yang bebas demi hukum karena masa tahanannya sudah lewat. Inilah kenapa terobosan itu dilakukan,” tukasnya.

Diketahui, persidangan online di tengah pandemi Covid-19 berawal dari diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No.1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan MA dan Badan Peradilan di Bawahnya tertanggal 23 Maret 2020, bahwa persidangan perkara pidana tetap dilaksanakan khusus terhadap perkara-perkara yang terdakwanya sedang ditahan, dan penahanannya tidak dapat diperpanjang lagi selama masa pencegahan Covid-19.

Atau persidangan perkara pidana, pidana militer, jinayat terhadap terdakwa yang secara hukum penahanannya masih beralasan untuk dapat diperpanjang, ditunda sampai berakhirnya masa pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan MA dan Badan Peradilan di bawahnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kasus Covid-19 Meningkat Drastis, Jangan Berlena Diri

Fri Sep 18 , 2020
0 (0) Jakarta: Legislator dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Irwan mengaku miris dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tengah dialami Indonesia, justru kian meningkat drastis. “Tak ada capeknya, saya selalu memberikan peringatkan kepada pemangku negeri, agar jangan berlena diri. Kini, apa dalam bayangan saya itu terjadi. Sungguh ironi, dimana pemimpin […]