Ribuan Warga Binaan DKI Tetap Mencoblos

Jakarta – Sebanyak 13.291 Warga binaan mencoblos. Hal ini dikatakan Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM).

warga binaan di DKI Jakarta tidak akan kehilangan hak pilih pada Pemilu 2024. Jaminan itu disampaikan, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) KemenkumHAM DKI Jakarta, Ibnu Chaldun.

“Kami menyerahkan 14.291 data pemilih dari lokasi khusus, lapas, dan rutan untuk Pemilu 2024. Jumlah ini merupakan 95 persen data warga binaan yang berhasil dicatat oleh pihak kami,” kata Ibnu dalam keterangannya di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, angka tersebut di luar dari target yang ditentukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Lantaran, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menargetkan di angka 70 persen.

“Hal ini diluar dari perkiraan kami sejak awal sebab kami menargetkan hanya 70 persen saja, mengingat keadaan situasi mereka yang tidak memiliki KTP. Namun, dukungan dari Kepala Dukcapil kenaikan menjadi signifikan, 95 persen,” katanya, mengungkapkan.

Meski demikian, lanjutnya, ditemukan kendala dalam melakukan pendataan narapidana. Salah satunya, karena banyak narapidana yang sejak awal masuk tidak membawa kartu identitas.

“Narapidana rutan itu tidak semua membawa KTP-nya masing-masing. Umumnya mereka lalai dan tidak membawa identitas,” ujarnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *