by

Ribuan Santri Ikut Vaksinasi Massal di Pandeglang

Pandeglang – Ribuan santri mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar Polres Pandeglang, bersama Kodim 0601, Dinas Kesehatan setempat dan Pengurus Besar Mathla’ul Anwar Linahdatil Ulama (PB Manlu).

Peserta yang berjumlah sekitar seribuan orang berasal dari santri dan peserta didik perguruan Islam Mathla’ul Anwar Linahdatil Ulama (Malnu) Pusat, Menes, Pandeglang.

Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi mengatakan dalam program vaksinasi tersebut pihaknya menyasar sebanyak seribu siswa dan santri yang berusia 12 hingga 18 tahun.

Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, petugas kesehatan terlebih dahulu melakukan skrining, atau pengecekan kesehatan.

“Khususnya bagi anak-anak yang ada di Sekolah Perguruan Tinggi Malnu. Alhamdulilah antusiasnya tinggi, dan peserta kurang lebih ada 1.000 orang,” katanya.

Vaksinasi pada pelajar, kata dia, juga sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu dilakukan program pembelajaran tatap muka.

“Ketika nanti belajar tatap muka kembali dibuka, mereka (pelajar) ini bisa kembali belajar mengikutinya secara nornal karena telah divaksin,” katanya.

Ketua Umum PB Malnu, Tb Hamdi Ma’ani mengapresiasi Polres Pandeglang yang mempercayakan lokasi vaksinasi COVID-19 di pesantrennya. Kegiatan ini sebelumnya telah disosialisasikan pada orang tua murid sebagai ikhtiar untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kepada orang tua kami sampaikan vaksinasi dilihat dari sisi agama. Vaksin ini bukan untuk mengobati tapi menjaga, karena kami berpedoman kepada suatu kaidah ‘Al-wiqoyatu khairun min al-llaz’, artinya menjaga lebih baik dari pada mengobati, sebelum terpapar lebih baik kita menjaga,” kata Ma’ani yang juga sebagai Ketua MUI Kabupaten Pandeglang itu.

Dengan adanya vaksinasi ini, ia berharap kegiatan belajar secara tatap muka bisa segera di buka kembali. “harapan kita setelah nanti ini peserta didik divaksin, mudah mudahan kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan tatap muka,” ujarnya. (ANT/Nto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *