by

Ribuan Pengungsi Pulang Rumah, Banjir Tangerang Surut

Tangerang: Sebanyak 2.000 jiwa dari 500 kepala keluarga (KK) sudah kembali ke rumah masing-masing, karena banjir yang menerjang di Kabupaten Tangerang telah surut.

“Saat ini banjir sudah mulai surut, dan warga berangsur kembali ke rumahnya masing-masing,” ungkap Abdul Munir, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang kepada RRI.co.id, Kamis (12/5/2022).

Sebelum ini, warga terdampak banjir mengungsi di masjid atau musala yang ada di wilayah yang lebih tinggi dan tidak terendam banjir.

“Seharian mereka mengungsi di musala. Sekarang warga sedang bersih-bersih rumah dari kotoran dan lumpur pasca banjir,” sambungnya.

BACA JUGA: Ratusan Kepala Keluarga Terdampak Banjir Kabupaten Tangerang

Munir menegaskan, warga terdampak banjir kali ini memang mencapai lebih kurang 2.000 jiwa, karena air merendam delapan Rukun Warga (RW) di sejumlah titik.

Perumahan warga merupakan wilayah paling banyak terendam banjir.

“Bila dikalkulasikan minimal satu KK itu empat jiwa, berarti sekitar 2.000 warga yang terdampak banjir. Hal itu memang benar, karena kemarin itu banyak sekali warga yang mengungsi akibat banjir,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 500 kepala keluarga (KK) dari delapan Rukun Warga (RW) di Kabupaten Tangerang terdampak banjir setinggi 60 sentimeter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan, dari hasil pendataan, terdapat 8 (delapan) RW dan 500 KK yang terdampak sekaligus menjadi korban banjir di sejumlah titik.

“Di RW 07 Blok EA paling banyak, yakni RT 03 sebanyak 30 KK, RT 04 sebanyak 27 KK, RT 02 sebanyak 70 KK, RT 06 sebanyak 25 KK, RT 08 ada 25 KK, serta RT 01 terdata 15 KK,” terangnya kepada wartawan di Tangerang, Rabu (11/5/2022).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.