Resesi Ekonomi, BI Jangan Bebani APBN

0
(0)

Jakarta: Skema berbagi beban atau burden sharing antara Bank Indonesia (BI) dengan Pemerintah untuk mendanai APBN 2020 sudah terealisasi senilai Rp183.48 triliun. Skemanya dilakukan dengan cara pembelian Surat Berharga Negara (SBN) di pasar perdana baik lewat pembiayaan public goods maupun non public goods, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diteken Menteri Keuangan dan Gubernur BI pada Juli lalu.

Anggota Komisi XI DPR RI, Dolfie OFP menyatakan, perlu adanya skema selain burden sharing. Berdasarkan skema tersebut, pemerintah dan bank sentral sama-sama melakukan beban utang yang jika terus berlanjut biaya utang tentu akan semakin membebani APBN di masa mendatang.

“Harus ada terobosan-terobosan kebijakan ke depan yang tidak bertumpu pada pembagian beban utang, kalau dalam jangka pendek okelah. Tapi kalau ternyata 2023 kita masih begini, kita mewariskan kepada generasi berikutnya APBN kita sebagian besar diisi oleh utang,” kata Perry, Selasa (29/9/2020).

“APBN kita sekarang sudah 16 persen untuk membayar bunga utang. Tahun depan bisa 18-19 persen hampir sama dengan anggaran pendidikan dan melebihi alokasi anggaran kesehatan,” tambahnya.

Politisi PDI-Perjuangan itu mengatakan, BI perlu melakukan kajian lebih lanjut dalam mencari terobosan baru. Sebab kondisi ketidakpastian ekonomi ini dinilainya masih akan berlanjut dan belum jelas kapan berakhir mengingat vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Belum lagi, ungkap dia, resesi yang menghantui perekonomian, mengingat Menkeu memproyeksi pertumbuhan ekononomi Kuartal III-2020 minus 2,9 persen.

“Perlu ada alternatif yang bisa dilakukan dengan potensi yang dimiliki Bank Indonesia, kalau gagasan cetak uang ditolak, maka apa gagasan lain yang bisa menyediakan dana untuk negara, untuk pembangunan misalnya,” tuturnya.

“Apakah menggunakan e-Rupiah, atau kalau perlu kita rubah regulasinya untuk memperkuat kapasitas keuangan negara dalam melanjutkan pembangunan di berbagai sektor,” pungkasnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Agar Tidak Digugat, Terbitkan Perppu Pilkada Serentak

Tue Sep 29 , 2020
0 (0) Site Logo Site Logo HOME NASIONAL INTERNASIONAL DAERAH EKONOMI OLAHRAGA TEKNOLOGI HIBURAN HUMANIORA TANGGAP BENCANA EDITORIAL BERITA FOTO PODCAST VIDEO JURNALIS INDEKS Agar Tidak Digugat, Terbitkan Perppu Pilkada Serentak Bagikan : Foto: ist Oleh: Mandra Pradipta Editor: Mandra Pradipta 29 Sep 2020 08:10 KBRN, Jakarta: Wakil Ketua DPR […]