by

Relawan RAPI Terus Monitoring Korban Gempa Cianjur

Jakarta: Cianjur, Jawa Barat, kembali di guncang gempa dengan berkekuatan Magnitudo 4,2 pada Minggu (4/12/2022) dini hari. Gempa yang terjadi dini hari tadi sekitar pukul 05.01 WIB ini dan disertai suara gemuruh.

Ketua II sekaligus Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Harris Subiapradja menyatakan, bahwa pihaknya terus melakukan monitoring. Khususnya terhadap Kecamatan dan Desa yang masih membutuhkan bantuan.

“Kami informasikan kepada pemerintah dan atau para donatur soal kebutuhan sembako dan logistik lainnya. Seperti permakanan. terpal-terpal yang masih membutuhkan, lalu

obat-obatan batuk, flu, dan inhealer khususnya,” kata Harris dalam dialog dengan PRO 3 RRI, Minggu (4/12/2022).

Selain itu, Harris mengimbau, kepada para donatur yang ingin memberikan bantuan baju layak pakai harap bisa dicuci terlebih dahulu. Mengingat, akses untuk membersihkan pakaian terbatas.

“Seyogyanya baju yang sudah di laundry atau di cuci. Daripada mereka tidak pakai dan bau, sehingga menjadi banyak tumpukan sampah,” ujarnya.

Di sisi lain, ucap dia, RAPI masih terus ikut membantu Kementerian Sosial RI dalam melakukan layanan Dukungan psikososial. Khususnya di titik posko tertentu yang memang telah disediakan.

Oleh karenanya, Harris mengharapkan, donatur juga bisa membelikan jajanan untuk anak-anak korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Sebab, hal itu sangat membantu dalam pemulihan psikis pasca gempa.

“Bila berkenan memberikan Makanan jajanan untuk anak-anak yang sudah dikemas 1 kantong-kantong kecil yang isinya beragam. Mulai makanan kecil, minuman kotak, ATK buat tulis menulis,” ujarnya.

“Sedangkan untuk lansia bisa dibungkus per paket yang isinya bermacam-macam juga. Yaitu sabun, odol, sikat gigi, kayu putih, balsem gosok, handuk kecil,” katanya.