Rekor Tertinggi, Kasus Baru COVID-19 Bertambah 1.853

0
(0)

Jakarta: Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih terus bertambah. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan, dalam 24 jam terakhir telah diperiksa sebanyak 22.183 spesimen dengan menggunakan metode RT-PCR dan Tes Cepat Molekuler (TCM). Sehingga total spesimen yang telah diperiksa hingga saat ini adalah 968.237 spesimen.

“Dari hasil pemeriksaan ini kita dapatkan kasus konfirmasi positif untuk hari ini sebanyak 1.853 orang, sehingga total menjadi 68.079 orang,” kata Yuri di Graha BNPB Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Yuri menjelaskan, penambahan kasus yang cukup tinggi di hari ini tidak serta merta meningkatkan secara signifikan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, sebab sebagian besar kasus yang didapatkan merupakan orang-orang dengan gejala minimal atau gejala yang sangat sedikit sehingga tidak merasakan sakit dan tidak ada indikasi untuk diisolasi di rumah sakit.

“Namun kita meminta mereka melakukan isolasi secara mandiri dengan mematuhi secara ketat tentang pedoman pelaksanaan isolasi mandiri di rumah agar tidak terjadi sumber penularan baru di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

“Dan gambaran ini juga memberikan tanda bagi kita bahwa sebagian masyarakat yang masih rentan tertular memang belum secara disiplin mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu untuk sebaran kasus COVID-19 ini dikatakan Yuri telah tersebar di 456 Kabupaten/Kota pada 34 Provinsi di Indonesia.

Adapun 5 provinsi dengan tambahan kasus tertinggi diantaranya, Provinsi Jawa Timur dengan 366 kasus baru, DKI Jakarta 357 kasus, Jawa Tengah 205 kasus, Sulawesi Selatan 166 kasus, dan Sumatera Utara 156 kasus.

Diketahui, untuk jumlah pasien dinyatakan sembuh bertambah 800 orang sehingga totalnya menjadi 31.585 orang, dan kasus meninggal dunia bertambah 50 orang sehingga totalnya menjadi 3.359 orang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MRT Bantah Tanah Galian Proyek untuk Reklamasi Ancol

Thu Jul 9 , 2020
0 (0) Jakarta – BUMD DKI PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta membantah bahwa tanah buangan hasil galian proyeknya selama ini digunakan untuk kepentingan reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa tanah beserta lumpur hasil kerukan saat membangun stasiun […]