Rekonstruksi Klinik Aborsi Ilegal, Ada 63 Adegan

0
(0)

Jakarta: Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus klinik aborsi ilegal di Jalan Percetakan Negara III, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Meteo Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan dalam rekonstruksi tersebut ada 63 adegan yang digelar dengan menghadirkan 10 orang tersangka.

“Kami laksanakan rekonstruksi kasus aborsi ilegal di TKP langsung dengan hadirkan 10 tersangka. Ada 63 adegan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan,” kata Kabid Humas Polda Meteo Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (25/9/2020).

Yusri melanjutkan dalam rekonstruksi itu ada lima lokasi perkara dalam kasus tersebut. Namun, seluruh lokasi dijadikan satu di lokasi utama yakni klinik aborsi ilegal di Jakarta Pusat.

“Dari 63 adegan ada 5 TKP, Sisa 4 TKP kami asumsikan disini,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, polisi membongkar praktik aborsi ilegal yang berlokasi di Jalan Percetakan Negara III, Jakarta Pusat. Praktik tersebut telah berjalan selama 3 tahun atau sejak 2017, total lebih dari 32 ribu pasien yang melakukan aborsi.

Para pelaku sendiri mempromosikan klinik tersebut secara terbuka melalui website klinikaborsiresmi.com dan media sosial. Mereka yang membuka website klinik tersebut nantinya dihubungkan dengan salah satu kontak whatsapp untuk dilakukan penjemputan.

Selama menjalankan bisnis aborsi ilegal tersebut tambah Yusri, para pelaku telah meraup keuntungan lebih dari Rp 10 miliar. Hal itu terhitung sejak Maret 2017 hingga Agustus 2020.

Atas perbuatannya para tersangka dikenakan Pasal 346 KUHP dan atau Pasal 348 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 194 Jo Pasal 75 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Luhut: Saya Sudah Marahi Orang Menkes

Sat Sep 26 , 2020
0 (0) Jakarta: Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengaku telah memarahi jajaran pejabat di bawah Menkes Terawan Agus Putranto terkait penanganan COVID-19 di rumah sakit. Luhut mengatakan hal itu saat rapat Sosialisasi dan Implementasi Tata Laksana Klinis Pasien Covid-19 dan Pengadaan Farmalkes untuk pasien. Rapat itu digelar secara […]