by

Rehabilitasi Sekolah Terdampak Gempa

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan proses rehabilitasi sarana pendidikan yang terdampak gempa Cianjur akan dimulai dalam waktu dekat. Hal itu disampaikannya saat meninjau SMP Negeri 1 Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Senin (5/12/2022).

Menurut Presiden, rehabilitasi tidak hanya dilakukan di sekolah tersebut tetapi juga seluruh lembaga pendidikan yang rusak akibat gempa. “Kegiatannya sudah dimulai di sekolah ini (SMP 1 di Warungkondang),” katanya.

Selain itu, Presiden menyebutkan proses rehabilitasi bagi fasilitas sosial lainnya juga akan segera dilakukan. Menurut dia, reruntuhan dan puing akibat gempa yang sudah dibersihkan mempercepat pelaksanaan proses rehabilitasi.

Presiden menunjukkan perbaikan masjid di Warungkondang. “Ini sudah dimulai karena sudah dibersihkan oleh majelisnya,” ucap Kepala Negara.

SMP Negeri 1 Warungkondang berlokasi tidak jauh dari Pondok Pesantren Darul Falah, yang sebelumnya dikunjungi Kepala Negara. Selanjutnya Presiden dan rombongan diagendakan meninjau Rumah Khusus Tahan Gempa Teknologi RISHA bagi masyarakat terdampak.

Rumah tahan gempa tersebut berlokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Di tengah perjalanan, Presiden berbelok menuju SMP Negeri 1 Warungkondang dan meninjau kerusakan yang menimpa sekolah tersebut.