by

Raup Berkah Bulan Ramadan dengan Kembangkan Usaha Online

Jakarta – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Tidak hanya bagi yang menjalankan ibadah, tapi juga bagi yang menjalankan usaha. Banyak orang pun memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka dengan berjualan barang-barang yang dibutuhkan saat bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

Di bulan Ramadan, orang-orang cenderung lebih suka berbelanja secara online karena lebih praktis dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Apalagi saat ini era sudah semakin digital dan belanja online juga menjadi semakin mudah. Namun, hal tersebut juga berbanding lurus dengan persaingan yang semakin ketat.

Beberapa platform yang menjadi primadonna bagi pemilik usaha di bulan Ramadan, khususnya bagi yang baru memulai bisnis, adalah aplikasi messenger WhatsApp dan beragam platform media sosial. Tidak sedikit dari mereka memilih untuk memasarkan produknya dengan memposting di status WhatsApp atau media sosial. Tentunya, jangkauan pasarnya tidak terlalu luas karena status WhatsApp dan media sosial hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu yang ada dalam lingkaran kontak dan pertemanan.

Pebisnis yang sudah berkembang, memilih memasarkan usahanya di beragam platform marketplace agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan, dua marketplace terbesar di Indonesia bisa mencapai 100 juta pengunjung setiap bulan. Tapi jumlah tersebut tidak hanya dinikmati oleh 1-2 penjual, melainkan juga ribuan penjual lain yang tergabung dalam marketplace.

Memaksimalkan Potensi Ramadan dengan Platform Sendiri

Dengan kesadaran digital masyarakat yang sudah semakin tinggi dan semua serba online, memasarkan bisnis di status WhatsApp dan marketplace saja tentu tidak cukup. Untuk mengembangkan usaha, tidak bisa hanya mengandalkan platform milik orang lain dan pasrah tanpa memiliki kontrol atas pengelolaan platformnya.

Bijak Putranto, Head of Niagaweb by Niagahoster, mengatakan, memiliki website bisnis sendiri sebagai platform toko online membuat pebisnis memiliki kendali penuh atas usahanya. Aktivitas branding dan promosi pun lebih leluasa di platform milik sendiri.

“Menggunakan marketplace itu ibaratnya kita masih menumpang dan memanfaatkan trafik milik orang lain. Yang juga berarti kita harus mengikuti peraturan dari pemilik platform tersebut. Seller di marketplace juga harus membayar biaya admin pada marketplace yang nominalnya cukup tinggi,” ujarnya.

Selain bebas dari biaya admin, pemilik usaha yang memiliki platform sendiri juga bisa mengumpulkan data konsumen yang nantinya bisa digunakan untuk marketing dan membuat strategi demi meningkatkan jumlah penjualan di bulan Ramadan ini.

Website bisnis juga tidak hanya bisa digunakan sebagai platform toko online milik sendiri, tapi juga bisa digunakan sebagai profil bisnis atau katalog yang berisi penjelasan produk yang lebih rinci. Penggunaan website pun bisa dipadukan dengan marketplace dan media sosial agar bisnis lebih kuat.

Membuat Website Bisnis dengan Mudah, Cepat, dan Harga Terjangkau

Dilansir dari blog Niagahoster, orang masih beranggapan bahwa membuat website itu ribet dan mahal karena harus mengelola semuanya sendiri. Padahal, memiliki website dengan hosting terbaik, nama domain sendiri agar terlihat kredibel, dan tema yang menarik, tidaklah serumit yang dibayangkan.

Website bisnis bisa terwujud secara mudah dengan memanfaatkan layanan membuat website dari Niagahoster menggunakan layanan Website Instan atau Jasa Pembuatan Website Niagaweb. Pemilik usaha hanya perlu menentukan jenis website yang akan dibuat, lalu memasukkan nama domain yang diinginkan, dan Niagahoster akan membuatkan websitenya dengan harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap.

Meskipun Niagahoster membantu membuatkan websitenya, tapi pengelolaan konten sepenuhnya tetap berada di tangan pemilik. Pebisnis bisa dengan leluasa mengisi dan mengatur konten produk, deskripsi, maupun foto dan video pada website.

Dengan website bisnis menggunakan layanan Niagahoster, usaha di bulan Ramadan pun akan semakin lancar dan meraup berkah sebanyak-banyaknya. Ditambah lagi dengan promo diskon spesial hingga 75% selama bulan Ramadan untuk layanan Website Instan dan Jasa Pembuatan Website Niagaweb, pemilik usaha pun bisa semakin mudah jaring rejeki daring.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.