Friday, May 7

Ramai Ditolak Warga, Sinergi Foundation Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19

Jakarta – Lembaga amal yang berpusat di Bandung, Jawa Barat, Sinergi Foundation menyediakan lahan pemakaman untuk pasien meninggal akibat virus corona (Covid-19). Data pemerintah pusat mencatat kasus meninggal bertambah 19 orang menjadi 240 orang pada Rabu (8/4).

CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan berharap tidak ada lagi warga yang menolak pemakaman jenazah Covid-19. Lembaganya telah menyediakan lahan di kawasan Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park, Kabupaten Bandung Barat. Kompleks makam ini digagas Sinergi Foundation sejak 2013 lalu.

“Firdaus Memorial Park (FMP) sendiri menyediakan 1 blok lahan, sejumlah 10 kavling. Dari Jumlah 10 kavling tersebut, memiliki daya tampung sebanyak 60 jenazah, di mana setiap kavlingnya terdapat 2 liang lahat, dan setiap liang lahat dapat diisi hingga 3 jenazah,” ujar Asep lewat pesan tertulis, Rabu (8/4).

Terkait protokol pemakaman, kata Asep, SF akan mengikuti arahan Bimas Islam Kementerian Agama RI. Pertama, lokasi penguburan harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk air minum dan berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

Kedua, jenazah harus dikubur di kedalaman, sekurang-kurangnya 2,5 meter lalu ditutupi dengan tanah setinggi 1 meter. Terakhir, setelah semua prosedur jenazah dilaksanakan dengan baik, barulah pihak keluarga dapat turut dalam prosesi pemakaman jenazah.

Selama prosesi pemakaman, tim FMP sendiri dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar, sebagaimana protokol pemakaman jenazah terinfeksi COVID-19. Selain itu, disediakan pula booth steril (Sanitizer Booth) di pintu masuk area pemakaman.

“Jadi inisiatif pelayanan yang diberikan dalam hal peyediaan lahan hingga prosesi pemakaman. Ini bagian dari ikhtiar kesiapsiagaan SF menangani prosesi pemakaman Jenazah COVID-19 dengan mengikuti seluruh Protokol yang sudah ditentukan pemerintah” kata Asep.

Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park sendiri adalah taman pemakaman muslim pertama di Indonesia yang mengusung konsep wakaf, tanpa unsur bisnis atau komersial. Diperuntukkan bagi wakif (orang yang berwakaf), dhuafa dan masyarakat muslim pada umumnya. (PS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *