by

Rakernas Selesai, PDIP Keluarkan Rekomendasi

Jakarta: Proses penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021 PDI Perjuangan (PDIP), pada Kamis (23/6/2022), dimulai dengan pembacaan rekomendasi eksternal.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut bahwa rekomendasi mengandung spirit 17-8-45 yang sesuai tanggal kemerdekaan RI.

“Sejak tadi malam kami berkoordinasi, mengingat rekomendasi Rakernas ini cukup panjang. Kami membahas dengan Mas Prananda Prabowo, Mbak Puan Maharani, Pak Olly Dondonkambey bersama-sama. Dan rekomendasi Rakernas ini mengandung spirit 17-8-45,” kata Hasto mengawali pembacaan rekomendasi Rakernas II.

Menurut Hasto, ada makna dibalik angka tersebut. Yaitu, ada tujuh rekomendasi berkaitan dengan ideologi Pancasila, sistem politik dan Pemilu 2024. Lalu delapan rekomendasi berkaitan dengan pembangunan desa dan pemenangan pemilu ada empat rekomendasi, serta agenda strategis partai ada lima rekomendasi.

“Jadi 7-8-45. Lalu ada yang bertanya ‘satu’nya dimana? Angka satunya adalah PDI Perjuangan nomor satu,” kata Hasto.

Dalam kesempatan itu, Hasto menjelaskan agenda Rakernas II PDIP ini dilaksanakan di Sekolah Partai. Menurutnya ini menjelaskan bagaimana kaderisasi partai berlambang banteng bermoncong putih itu dibentuk.

“Karena inilah simbol bagaimana kaderisasi kepemimpinan partai itu menjadi fungsi utama partai politik dan itulah yang dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Hasto.

Tujuh rekomendasi Rakernas yang terkait dengan ideologi Pancasila, sistem politik dan Pemilu 2024 adalah, pertama pembumian Pancasila. Salah satu wujudnya adalah memasukkan Pancasila sebagai pelajaran wajib di sekolah.

Kedua, mendukung pemerintah dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19, percepatan vaksin. Ketiga, mendorong Presiden Jokowi untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama antarpartai pendukung pemerintah.

Keempat, penetapan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung PDIP pada Pemilu 2024 adalah hak prerogratif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kelima, partai melihat pentingnya penataan sistem pemilu agar sesuai dengan Demokrasi Pancasila.

Keenam, partai menekankan pentingya Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang memprioritaskan pendidikan. Dan terakhir rekomendasi ketujuh, mendukung kebijakan pemerintah dalam mewujudkan perdamaian dunia, termasuk upaya mendamaikan Rusia- Ukrania.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.