by

Puluhan UMKM Meriahkan ASEAN Para Games di Solo

Jakarta: Pemerintah Kota Solo melibatkan 35 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memeriahkan upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022. Upacara pembukaan digelar di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (30/7/2022).

Lokasi pameran disebar di sejumlah lokasi perlombaan atau venue. Adapun produk yang ditawarkan yakni produk kerajinan tangan, fesyen, dan ragam kuliner.

“Jadi ada sembilan venue yang dipakai mewadahi UMKM, di Bandara Adi Soemarno, dan beberapa hotel bintang di Solo dan Stadion Manahan Solo,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina dalam diskusi bersama PRO 3 RRI, Selasa (26/7/2022).

Lebih jauh, Kristina mengungkapkan, 35 UMKM tersebut telah lolos dalam kurasi yang dilakukan secara terbuka. Hal itu dilakukan guna memenuhi syarat kualitas yang ditentukan Indonesia National Paralympic Organization Comittee (Inaspoc).

“Ini bertujuan agar produk tidak mengecewakan, tentu ini untuk dipamerkan, dan membawa nama Kota Solo juga. Tentunya penentuan itu tetap panitia pusat dari Inaspoc, tapi kita seleksi dulu untuk di awal,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (Inaspoc) sekaligus Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, selain pembuatan suvenir, pelaku UMKM diajak memamerkan produk unggulan.

“Banyak UMKM (yang terlibat), bisa gratis pakai logo maupun maskot. Lisensinya gratis, semua UMKM bisa meramaikan,” kata Gibran, Senin (25/7/2022).