by

PSSI Tetap Bayar Pesawat Meskipun Timnas Batal Berangkat

Jakarta: Meski Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia U-23 gagal berangkat untuk mengikuti Piala AFF U-23 di Kamboja, namun sayangnya kontrak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama maskapai Garuda Indonesia terkait penyewaan pesawat bagi timnas tidak dapat dibatalkan.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Mochamad Iriawan mengutarakan, penyewaan pesawat dilakukan sebagai bentuk keseriusan pihaknya demi melindungi para pemain dari paparan Covid-19 sebelum mengikuti turnamen dan tidak dapat dibatalkan, alias tetap harus dibayarkan PSSI sesuai harga yang memang diakui cukup tinggi.

“Apa keseriusan kita, yakni sudah sewa pesawat Garuda. Cukup mahal, tapi sekarang tidak dapat dibatalkan karena sudah lakukan penyewaan dengan kontrak. Mereka sudah siapkan bahan bakar, kru pesawat sudah ada,” ujar Mochamad Iriawan melalui rekaman suara yang diterima RRI.co.id usai rapat bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Markas Besar (Mabes) TNI AD, Jumat (11/2/2022).

BACA JUGA: Mochamad Iriawan Prioritaskan Kesehatan Pemain Timnas Indonesia

Lebih lanjut Iriawan menguraikan, bahwa rencananya, penyewaan pesawat dilakukan bersama dengan Timor Leste yang juga merupakan salah satu peserta, dimana Skuad Garuda Muda seharusnya berangkat pada Jumat pagi tadi.

“Hari ini sebetulnya kita berangkat dengan Timor Leste sama-sama. Pesawat itu harusnya kita pakai bersama dengan Timor Leste sama – sama,” sambung Iriawan.

Walau mengaku sangat kecewa, namun bagi Iriawan keselamatan para pemain dan seluruh tim lebih penting daripada raihan prestasi.

“Kecewa jelas kecewa karena kami ingin bawa juara lagi. Kita masih ada (kesempatan) di pertandingan lain. Saya selaku Ketua Umum tentu menyesal tidak bisa mengirimkan (tim) tapi apa mau dikata. Alasan kesehatan mereka lebih penting daripada olahraga untuk prestasi yang ada,” ucap Iriawan.

Sedianya, Timnas U-23 akan bertolak ke Kmboja pagi tadi untuk mengikuti Piala AFF U-23 yang akan berlangsung pada 14 – 26 Februari 2022.

Namun badai Covid-19 dan banyaknya pemain yang didera cedera membuat PSSI membatalkan keikutsertaan Indonesia.

BACA JUGA: Diserang Covid-19, Timnas U-23 Batal Ikut AFF

Pada perhelatan kali ini, Skuad Garuda Muda tergabung di Grup B bersama Laos, Myanmar, dan Malaysia.

Indonesia sendiri saat ini bertstatus sebagai juara bertahan yang diperoleh pada tahun 2019 di Kamboja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.