PSBB Berlaku, Kasus Kejahatan Malah Meningkat

0
(0)

Jakarta – Imbauan pemerintah agar warga tetap berada di rumah dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi kejahatan. Terlebih lagi setelah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Penyidik Polda Metro Jaya mencatat ada peningkatan temuan maupun laporan mengenai kasus kejahatan selama masa penerapan PSBB di Jakarta. Polda menilai ada pergeseran dalam jenis kejahatan yang banyak terjadi di tengah masyarakat.

“Apa pergeserannya? Di dalam jenis kejahatan. Misalnya, yang meningkat pada masa Covid-19, yang pertama penyebaran berita bohong,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).

Yusri mengatakan, para penyidik Polda Metro Jaya menangani 48 kasus hoaks terkait dengan pandemi Covid-19 dan 18 di antaranya berhasil diungkap.

“Polda Metro Jaya telah mengungkap 18 kasus dari 48 berita hoaks yang diselidiki,” ujarnya.

Selain itu, kata Yusri, ada juga peningkatan dalam jenis kejahatan selain hoaks selama masa PSBB, yakni pencurian terhadap minimarket dan begal.

“Kemudian yang sekarang ada jenis kejahatan curat (pencurian dengan pemberatan) memang betul ada peningkatan. Akan tetapi, lari mereka ke tempat-tempat minimarket yang ada, kemudian di tempat-tempat yang sepi terjadi begal,” ujarnya.

Meski demikian, Yusri meminta masyarakat tidak khawatir karena pihak kepolisian membentuk tim khusus untuk menekan jenis kejahatan tersebut.

Yusri mengatakan bahwa pihak kepolisian tidak akan segan untuk memberikan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan yang membahayakan jiwa masyarakat.

“Kepolisian, dalam hal ini Polda Metro Jaya, tidak akan segan-segan akan menindak tegas dan terukur terhadap semua pelaku yang coba-coba bermain-main pada saat situasi pandemi Covid-19,” ujarnya. (Aza/Ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Perusahaan Besar Mulai Beli Ayam Peternak

Fri Apr 24 , 2020
0 (0) Jakarta – Kebijakan perusahaan besar (integrator) untuk membeli ayam broiler dari peternak mandiri mulai dijalankan. Hal ini dilakukan guna menstabilkan harga ayam di tingkat peternak. “Kemarin PT Japfa Comfeed sudah melakukan pembelian livebird di farm broiler peternak mandiri milik Sugeng Wahyudi (anggota GOPAN) di Dramaga Tanjakan Bogor,” ungkap […]