by

Produk Obat Ilegal Masih Dijual di Online

Jakarta: Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM Penny Lukito menyebut pihaknya masih menemui berbagai produk obat yang tidak memenuhi regulasi terjual bebas secara online.

“Berdasarkan hasil pengawasan baik oleh kepolisian, oleh Badan POM juga masih banyak ditemui berbagai produk obat dan makanan yang seharusnya tidak dijual melalui online karena tidak memenuhi berbagai aspek regulasi yang ada,” kata Penny dalam kegiatan Launching Program ‘Zona Ramah Promosi Online Usaha Mikro Kecil Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan’ secara daring, Jumat (27/5/2022).

Penny mengatakan, produk yang diperjualbelikan pada marketplace tentu harus memenuhi regulasi dan memiliki mutu, kualitas, dan khasiat.

“Juga tentunya menjamin adanya suatu perdagangan yang adil dari produk obat dan makanan yang diperjualbelikan dibandingkan dengan para pelaku usaha yang memang memenuhi ketentuan. Tentunya akan menjadi tidak adil kalau yang ilegal atau tidak memenuhi ketentuan juga ada di online,” ujarnya.

Lebih lanjut, Penny mengingatkan penyedia layanan marketplace untuk tidak hanya meraup untung namun juga bertanggungjawab terhadap produk yang diperjualbelikan.

“Saya tahu bahwa sekarang betul-betul masyarakat ke e-commerce untuk mencari produk yang lebih murah, lebih mudah ya, dengan berbagai komparasi dari berbagai bentuk produk sehingga memudahkan mereka untuk membeli. Namun tentunya kemudahan atau keuntungan yang besar itu harus diimbangi dengan tanggungjawab yang besar juga untuk melindungi masyarakat untuk tetap menjaga aspek mutu khasiat dan keamanan dari produk yang dijual,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.