by

Produk Lokal Potensi Mendunia, Butuh Dukungan Pemerintah

Jakarta: Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Tri Mumpuni meminta pemerintah mengawal produk lokal yang mempunyai potensi mendunia. Hal itu penting, agar usaha mereka menghasilkan produk berkualitas tidak putus di tengah jalan.

“Saya pikir pemerintah perlu betul-betul menggawangi atau mengawal agar tidak patah di tengah jalan usaha-usaha teman-teman kita UMKM. Mereka mampu menghasilkan produk lokal tapi kualitas mendunia, ini penting,” kata Tri Mumpuni dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, produk lokal yang mendunia itu dihasilkan dari UMKM yang kelas menengah dan juga usaha besar. Maka yang perlu dukungan adalah produk-produk yang dihasilkan dari desa ke pasar.

“Tetapi yang benar-benar kita dorong justru itu produk-produk desa yang perlu dikurasi karena dia sebetulnya punya potensi untuk bisa dikirim ke pasar internasional,” kata Tri Mumpuni.

Di sisi lain, Tri menyarankan para pejabat pemerintah untuk mempromosikan produk-produk lokal dengan memakainya dalam aktivitas sehari-hari.

“Ini mau tidak mau harus dikampanyekan. Kan ada gerakan Aku Cinta Produk Indonesia itu waktu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Sekarang produk tas kulit buatan pengrajin Bali, Jogja dan Sidoarjo, Jawa Timur, itu kualitasnya tidak kalah bagus dengan yang bermerek. Jadi harus banyak sekali pejabat kita yang dianggap menjadi contoh untuk menggunakan produk lokal sehingga menjadi center of attention atau pusat perhatian,”kata Tri.