by

Pro Rakyat, DPP Patri Berkomitmen Mengawal Kebijakan Menteri Perdagangan

Jakarta – Merespon keluhan dan permasalahan petani sawit, Tim DPP PATRI ( Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia) audiensi dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kantornya.

Rombongan PATRI terdiri dari Ketua Umum Hasprabu, Sekjen Sutrisno Singotirto, Bendum Sugiharto Parikesit, Dr. Basri BK (Dewan Pakar), Bahrudin (Departemen Bina Usaha dan Ekonomi), Kunto Susilo ( perwakilan petani kelapa sawit)

Masukan disampaikan oleh juru bicara Sugiharto Parikesit, beberapa hal yang di sampaikan DPP PATRI diantaranya agar segera dibuka kran eksport dengan melakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan DMO, DPO dan relaksasi sementara tarif bea keluar dan pungutan eksport untuk mempercepat berkurangnya stok CPO yang saat ini berkisar 6,3 juta Ton menjadi tinggal 1jt ton.

Dilakukannya pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan pengadaan FAME utk memenuhi kebijakan B30. Karena disinyalir dilapangan masih banyak ditemukan praktek praktek hanya jual beli kertas FAME utk pemenuhan Kebijakan B30. Sehingga stok CPO nasional bisa terserap secara signifikan.

Untuk menjaga stabilitas harga TBS petani dan harga minyak goreng kementerian perdagangan diharapkan bisa memfasilitasi pertemuan antara Perwakilan Petani Kelapa Sawit, PTPN Holding, GAPKI dengan Bulog dan Inkoppas sebagai perwakilan pedagang pasar untuk menentukan harga TBS di tingkat petani, Harga CPO KPBN, harga minyak goreng curah pada refenery planet, harga minyak goreng pada distributor, harga minyak goreng pada pedagang pasar, dan harga minyak goreng pada konsumen serta besaran subsidi yang harus dikeluarkan pemerintah.

Mendorong kementerian perdagangan untuk membentuk Tim Ad Hock Pengawasan Krisis Produk Kelapa Sawit dan Turunan nya yang melibatkan peran serta aktif masyarakat di dalam nya.

DPP PATRI memberikan apresiasi dan optimis atas kinerja menteri perdagangan Zulkifli Hasan yang cepat bergerak untuk menstabilkan harga minyak goreng dan mau terbuka atas masukan dan saran dari berbagai pihak agar harga TBS ditingkat petani kembali naik. Dan DPP PATRI berkomitmen untuk mengawal program kerja dan kebijakan menteri perdagangan yang pro rakyat.(RT)