by

Presiden Perintahkan Tingkatkan Capaian Vaksinasi

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya terus meningkatkan capaian vaksinasi di Tanah Air, terutama vaksinasi dosis ketiga.

“Arahan Bapak Presiden untuk meningkatkan jumlah vaksin dosis ketiga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempaikan arahan Presiden usai rapat terbatas (ratas) terkait evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Senin (13/8/2022).

Airlangga mengatakan, saat ini capaian vaksinasi dosis pertama masih di bawah 70 persen adalah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis kedua, saat ini terdapat 17 provinsi yang sudah mencapai di atas 70 persen dan 10 provinsi masih berada di bawah 70 persen.

“Provinsi yang masih relatif rendah di bawah 50 persen adalah Maluku, Papua Barat, dan Papua,” ungkap Airlangga.

Berkaitan dengan kasus Covid-19 di Indonesia, Airlangga menegaskan, kasus harian di Indonesia masih dalam tahap yang baik jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di dunia. Begitu pula dengan reproduksi kasus efektif di Indonesia yang dinilai masih relatif stabil berada di angka 1.

“Dari tingkat kesembuhan secara nasional 97 persen, angka kematiannya 2.58 dan kita lihat penularan kasus kebanyakan lokal, yang kasus dari perjalanan luar negeri sekitar 25 kasus. Kalau di luar Jawa Bali, BOR dan Covid relatif rendah dan yang tertinggi hanya di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah,” ucap Airlangga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.