by

Presiden Lantik Anggota KPU-Bawaslu 12 April

Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Menko Polhukam) mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasa Pemilu (Bawaslu) periode 2022-20227 pada 12 April mendatang.

Hal itu disampaikan Mahfud, saat memimpin rapat koordinasi terbatas di Jakarta, Sabtu (9/4) kemarin.

“Saya sampaikan bahwa pada Selasa, 12 April 2022, Presiden akan melantik anggota KPU dan Bawaslu yang telah dipilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan DPR,” kata Mahfud dilansir dari Antara, Minggu (10/4/2022).

Mahfud menyebut, pelantikan itu merupakan bukti pemerintah fokus mendukung persiapan Pemilu 2024 mendatang.

“Ini sebagai bukti bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Mahfud mengungkapkan, pemerintah berharap anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 dapat bekerja mempersiapkan Pemilu 2024 sesuai ketentuan konstitusi dan aturan perundang-undangan.

Terdapat tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu yang akan dilantik oleh Presiden pada 12 April.

Tujuh anggota KPU yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asyari, Muhammaf Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sementara Lima anggota Bawaslu yang dilantik yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.