by

Presiden Apresiasi Pemuda dalam Keberhasilan Kartu Prakerja

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keberhasilan program Kartu Prakerja tidak lepas dari peran pemuda dalam menggunakan teknologi.

“Platform seperti ini hanya bisa dihasilkan oleh anak-anak muda, yang sudah tua kayak seperti saya nggak mungkin bisa membikin platform yang bagus seperti ini,” ungkapnya, dalam acara Temu Alumni Prakerja yang berlangsung di Sentul, Bogor, Jumat (17/6/2022).

Dijelaskannya, program Kartu Prakerja kini telah mencapai gelombang ke-32, dengan lebih dari 12.8 juta penerima manfaat, tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Apa bisa cara-cara ini kita lakukan kalau kita tidak menggunakan platform digital, enggak mungkin, ia endak , betul endak?” tambahnya.

Bukan hanya itu, anggaran program tersebut pun telah diterima oleh peserta yang membutuhkan.

“Tidak ada yang lewat uang itu, anggaran itu ke Kementerian ke provinsi ke kabupaten kota baru ke peserta. Ini langsung dari Menteri Keuangan transfer langsung ke peserta, coba,” tegasnya.

Selanjutnya, Presiden mengaku sempat tidak menyangka penyelenggaraan program Kartu Prakerja yang dicanangkan pada Februari 2019 sangat diminati masyarakat. Terlebih, peluncuran Kartu Prakerja dilakukan pada awal-awal kemunculan virus Covid-19.

“Saya ingat awal Maret tanggal 2 Maret, kita masuk yang namanya Covid-19. Pertama kali masuk tanggal itu. kemudian sebulan setelah itu, mungkin tanggal-tanggal 11 April Kartu Prakerja ini dimulai sehingga suasananya itu suasana Covid-19,” kata Presiden.

“Bagaimana menyiapkan sebuah program tetapi suasananya adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar, red) dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, red), bayangkan,” tambah Jokowi.