by

Prediksi Puncak Gelombang Kedua Covid-19 Akhir Juli

Jakarta: Komisi IX DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin membahas penanganan Pandemi Covid-19 selama masa PPKM Darurat.

Menkes menyebut tren peningkatan kasus Covid-19 selama PPKM Darurat terus meningkat hingga hari ini tembus 47 ribu penambahan kasus harian.

“Di bulan ini kita harus antisipasi, sampai akhir bulan bener bener mempersiapkan fasilitas kesehatan kita, ini sangat ditentukan ketegasan kita,” ungkap Budi Gunadi saat Raker, pada Selasa (13/7/2021).

Budi Gunadi memprediksi puncak gelombang kedua Covid-19 di Indonesia terjadi akhir Juli 2021, jika masyarakat patuhi 5 M khususnya mengurangi pergerakan.

Menurutnya, Covid-19 varian delta menular lebih cepat, tercatat selain di Jawa Bali penularan terjadi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

“Disiplin kita untuk mengurangi pergerakan, karena penularannya kali ini cepat sekali untuk varian delta ini, ada 5 daerah di Sumatera, 2 di Kalimantan, 2 di Sulawesi, 1 di Papua, dan 2 di Nusa Tenggara kita harus awasi ketat,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati menyoroti angka kesembuhan yang menurun hanya 20 ribu pasien sembuh per hari ini, dimana justru angka penambahan 2 kali lipat dari angka kesembuhan.

Politisi dari Fraksi PKS meminta angka kesembuhan pasien Covid-19 ditingkatkan dengan mengklasifikasi rumah sakit.

“Mendorong peningkatan angka kesembuhan, kalau kita dorong rumah sakit besar, rumah sakit vertikal untuk fokus pada penanganan, perlu skenario yang perlu dikembangkan, bagaimana mengklasifikasikan rumah sakit agar penanganan penyembuhan maksimal,” kata Kurniasih Mufidayati.

Komisi IX juga meminta Menkes untuk memastikan ketersediaan obat Covid-19, oksigen, hingga program vaksinasi Covid-19 yang harus dilakukan khususnya pada masa PPKM Darurat.(QQ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *