by

Prediksi Derbi Manchester: MU dan Man City

Jakarta: Derby Manchester antara Manchester United vs Manchester City akan memanjakan mata pencinta sepak bola akhir pekan ini. Duel pekan 11 Liga Inggris 2021-2022 itu akan dihelat di Ol Trafford pada Sabtu (6/11/2021) pukul 19.30 WIB.

Pertarungan bertajuk Derbi Manchester ini sangat sayang untuk dilewatkan. Posisi kedua tim di klasemen Liga Inggris berdekatan. Man Utd ada di peringkat lima dengan 17 poin, sementara Man City di posisi ketiga dengan keunggulan tiga poin.

Kemenangan jelas menjadi incaran Manchester United pada laga di pekan 11 Premier League ini. Tambahan tiga poin akan membuat tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut menyamai poin Man City dan menjaga untuk terus bersaing di empat besar.

Jika menang, MU akan menyamai perolehan poin pasukan Josep Guardiola sekaligus mendongkrak kepercayaan diri mereka.

Pertemuan terakhir kedua tim di Old Trafford di ajang Premier League terjadi pada 13 Desember 2020 silam. Ketika itu tuan rumah Manchester United hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Manchester City.

Namun di pertemuan terakhir kedua tim, pada Maret 2021 lalu, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang dua gol tanpa balas. Dua gol itu tercipta lewat aksi Bruno Fernandes dan Luke Shaw.

MU saat ini sepertinya tak bisa lepas dari Cristiano Ronaldo. Pemain 36 tahun Portugal itu bahkan sudah beberapa kali menyelamatkan pekerjaan sang manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Usai dipermak Liverpool 0-5 di Old Trafford dalam laga yang diwarnai kartu merah Paul Pogba, duet Ronaldo dan Edinson Cavani berjasa besar memberi MU kemenangan 3-0 di kandang Tottenham. Setelah itu, di Liga Champions tengah pekan kemarin, dua gol Ronaldo juga menghindarkan MU dari kekalahan di markas Atalanta.

Sementara itu, Man City sempat mengalami penurunan performa. Setelah disingkirkan West Ham lewat adu penalti di Carabao Cup, Man City kalah 0-2 saat menjamu Crystal Palace dan kehilangan Aymeric Laporte yang dikartu merah. Namun, Man City bisa bangkit di Liga Champions tengah pekan kemarin. Mereka menghantam Club Brugge 4-1 di Etihad Stadium.

Phil Foden dan Gabriel Jesus, yang masing-masing menyarangkan satu gol ke gawang Club Brugge, juga Kevin De Bruyne bisa menjadi ancaman buat lini belakang MU yang tergolong cukup keropos.

Solskjaer tercatat punya rekor yang cukup bagus melawan Guardiola, telah memenangi empat dari delapan pertemuan mereka di semua ajang. Namun, jika MU sampai kalah di derby nanti, Solskjaer sepertinya bakal kembali berada dalam tekanan.

Man United kini memiliki Ronaldo yang punya rekor bagus ketika menghadapi Man City. CR7 menang tujuh kali, dan hanya kalah tiga kali dari 11 pertemuan melawan Man City semasa berkostum Man United. Dia tercatat melesakkan empat gol dan tiga assist dalam 11 laga tersebut.

Manchester United sebenarnya punya rekor bagus dalam pertemuan ini, mencatatkan clean sheet di 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka melawan Manchester City di semua kompetisi, tapi mereka sekarang belum mencatatkan clean sheet dalam 13 pertandingan kandang.

Di sisi lain, Manchester City juga memiliki torehan yang mentereng di bawah asuhan Guardiola. Mereka tidak terkalahkan dalam 17 dari 19 pertandingan tandang terakhir mereka di Premier League dan akan sangat termotivasi oleh hasil dahsyat Liverpool di Old Trafford untuk juga mengambil hasil positif lainnya di pertandingan ini.

Man City dipastikan akan menjadi ujian sesungguhnya bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer setelah Liverpool beberapa pekan lalu. Jika bisa melewati Man City, The Red Devils diyakini bakal meroket karena dapat kepercayaan diri usai mengalahkan tim kuat.

Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika Man United kalah. Jabatan Ole Gunnar Solskjaer bahkan mungkin melayang apabila Man United gagal menuai satu poin pun di Old Trafford pada besok sore.

Man United fokus sepanjang pertandingan agar hasil memalukan saat bersua Liverpool tidak terulang. Meski begitu, Man United bisa sedikit tenang karena pemain andalan mereka, Cristiano Ronaldo, tengah panas-panasnya.

Ronaldo sudah mencetak tiga gol dalam dua pertandingan terakhir Man United. Total, CR7 sudah mencetak sembilan gol pada musim ini. Keberadaan Ronaldo yang bisa menjadi pembeda bagi pasukkan Solskjaer pada besok malam.

Untuk prediksi pertandingan nanti, detail-detail kecil akan menentukan hasil akhir Manchester Derby. Akan tetapi, Man City akan tetap memenangkan pertandingan ini dengan skor 2-1. Meski punya Ronaldo, permainan Man City lebih solid ketimbang Man United.

Prekiraan Susunan Pemain:

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Maguire, Lindelof, Bailly; Shaw, Fred, McTominay, Wan-Bissaka; Bruno Fernandes; Ronaldo, Cavani.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Info skuad: Pogba (skorsing), Varane (cedera), Lindelof (meragukan).

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Dias, Stones, Cancelo; Bernardo Silva, Rodri, De Bruyne; Grealish, Foden, Jesus.

Pelatih: Josep Guardiola.

Info skuad: Laporte (skorsing), Ferran Torres (cedera), Walker (meragukan).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *