Friday, May 7

Pratu Lucky yang Belot ke OPM

Intan Jaya: Kabar mengejutkan datang dari dunia kemiliteran Indonesia. Seorang mantan anggota TNI berkhianat membelot dan bergabung ke dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Sosok itu adalah Pratu Lucky Y Matuan mantan anggota Yonif Raider400/Banteng Raiders. Tak tanggung tanggung Lucky pun didaulat menjadi salah satu komandan lapangan OPM di Intan Jaya, Papua.

Sebelumnya Yonif Raider 400/BR adalah pasukan pemukul Kodam IV/Diponegoro yang di BKO-kan dibawah Kogabwilhan III yang bertugas di Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021.

Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dalam siaran persnya menyatakan alasan Lucky bergabung ke TPNPB OPM lantaran dirinya merasa tak tega banyak warga sipil Orang Asli Papua (OAP) yang diperlakukan tak wajar oleh TNI.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa membenarkan ada satu prajurit TNI yang membelot dan bergabung ke dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM. Akan tetapi, kejadian itu sudahlah berlangsung dua bulan lalu.

“Ya ada media pendukung OPM memuat berita tentang kaburnya oknum prajurit TNI dari Yonif 400. Walaupun hal itu benar, tetapi kejadiannya 12 Februari 2021 yang lalu, bukan kejadian baru dan sudah diberitakan di media,” kata Suriastawa, Jumat (16/4/2021).

Suriastawa menjelaskan, prajurit tersebut kabur tanpa membawa satu pun senjata. Menurutnya, sampai dengan saat ini keberadaanya pun tak diketahui.

“Oknum prajurit tersebut kabur dari pos tanpa membawa senjata dan sampai saat ini tidak jelas keberadaannya,” paparnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, pihaknya akan mempersempit gerak daripada OPM. Hal itu bertujuan, agar mereka dapat kembali mengakui kedaulatan Indonesia, dan jika enggan, maka akan ditumpas sampai ke akar-akarnya.

“Mempersempit gerak OPM sampai titik terlemah sehingga hanya ada dua pilihan bagi OPM, pertama menyerah dan bergabung membangun papua dalam bingkai NKRI. Kedua, terus diburu dan akan dibabat sampai ke akar-akarnya,” katanya.

TNI, jelas Suriastawa mengimbau kepada masyarakat di Ilaga dan sekitarnya untuk lebih berhati-hati dan waspada atas aksi teror front bersenjata OPM. Menurutnya, saat ini pihak OPM sedang frustrasi.

“Mengimbau kepada masyarakat di Ilaga dan sekitarnya untuk lebih berhati-hati dan waspada akan aksi teror front bersenjata OPM yang saat ini sedang frustasi,” ujarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *